4 Cara Membersihkan Botol Minum Plastik Kusam: Praktis dan Efisien!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Punya botol minum plastik yang sudah lama, dan warnanya mulai kusam? Ini sangat normal terjadi loh, karena memang seiring berjalannya waktu, botol minum plastik yang awalnya transparan dapat berubah warna dan menjadi lebih kusam karena terdapat noda yang sulit dihilangkan. 

Penampilan botol yang kusam tidak hanya mengurangi estetika tetapi juga membuat botol terlihat jorok dan kurang menarik. Ini membuat kamu mungkin malas menggunakan dan membawanya kemana-mana.

Tapi tenang aja, kamu tidak perlu khawatir bagaimana mengatasi masalah ini. Ada beberapa tips praktis dan efisien yang bisa dilakukan untuk membersihkan botol minum plastik agar botol bisa tampak seperti baru lagi! 

Tips Efektif Membersihkan Botol Minum Plastik

Untuk membuat botol minum kusam kembali bersih, kamu bisa mengikuti beberapa langkah yang sudah kami rangkum dibawah ini! Semua sangat mudah untuk diikuti, terlebih karena kamu bisa membersihkan botol minum plastik dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah.

1. Cuci dengan Air Sabun dan Air Hangat

Langkah pertama dan juga cara paling sederhana untuk membersihkan botol minum, adalah dengan mencucinya dengan sabun cuci piring dan air hangat. Ini juga merupakan cara yang umum dilakukan saat mencuci botol minum setelah pemakaian.

Kamu bisa campurkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam botol, tambahkan air hangat, dan kemudian kocok botol selama beberapa menit. Kombinasi sabun dan air hangat sangat efektif untuk melarutkan minyak dan segala jenis kotoran yang menempel di dinding botol. Setelah itu, kamu tinggal membilas botol dengan air mengalir hingga bersih dari busa sabun.

2. Gunakan Sikat Pembersih Botol

Jika kamu melihat ada noda yang membandel di botol, maka perlu untuk menggunakan sikat pembersih botol untuk menghilangkannya. Sikat pembersih botol adalah solusi yang sangat efektif, karena alat ini memang dirancang khusus untuk mencapai bagian dalam botol yang sulit dijangkau oleh tangan. 

Dengan sedikit tekanan dan gerakan memutar, sikat dapat membersihkan sisa minuman yang menempel di dinding botol dengan mudah. Oleh karena itu, jika kamu belum punya sikat pembersih botol, pastikan untuk membelinya agar kamu bisa menjaga kebersihan botol setiap saat. Beli sikat botol dengan bulu lembut agar tidak merusak permukaan botol plastik, meski sering digunakan.

3. Menggunakan Larutan Pembersih dari Bahan Natural

Cara lain yang tidak kalah efektif untuk membersihkan botol minum adalah dengan secara berkala menggunakan larutan pembersih untuk botol plastik yang terbuat dari bahan natural. Beberapa larutan pembersih dapat membantu menghilangkan noda yang lebih sulit dihilangkan. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan:

  • Asam sitrat/sitrun: Campurkan satu sendok teh asam sitrat dengan air hangat, lalu masukkan larutan tersebut ke dalam botol. Rendam botol selama 15-30 menit sebelum dibilas.
  • Baking soda: Tambahkan satu sendok makan baking soda ke dalam botol yang berisi air hangat, kocok, dan biarkan selama beberapa jam atau semalam. Kamu juga bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan noda bandel pada botol, caranya adalah dengan membuat pasta baking soda. Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok baking soda dengan sedikit air hangat, aduk hingga bubuk baking soda berubah menjadi seperti kental. Kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk mengaplikasikan dan menyikat botol dengan pasta baking soda.
  • Cuka putih: Isi botol dengan campuran cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1, lalu biarkan selama beberapa jam. Cuka putih memiliki sifat antibakteri dan dapat menghilangkan bau tidak sedap.
  • Bubuk Kopi: Bubuk kopi juga dapat digunakan untuk membersihkan botol yang bau dan kusam. Masukkan beberapa sendok bubuk kopi ke dalam botol, tambahkan air hangat, kocok, dan biarkan selama beberapa jam sebelum dibilas.

4. Keringkan Botol

Setelah membersihkan botol dengan menyeluruh, pastikan botol minum benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Untuk memastikan botol kering dengan sempurna, kamu bisa meletakkan botol di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau gunakan handuk bersih untuk mengeringkannya.

Botol yang tidak kering dengan sempurna dan masih lembab dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Membersihkan botol minum plastik secara rutin sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Dengan perawatan yang baik, botol minum plastik dapat bertahan lebih lama dan tetap terlihat bersih serta menarik. Perlu diingat juga, meski kamu rajin membersihkan botol - penting juga untuk mengganti botol minum secara teratur, terutama jika botol sudah terlihat sangat kusam atau rusak.

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
General
Mau Membersihkan Air Kolam Ikan? Ini 7 Cara Mudah dan Cepatnya!
General
10 Cara Mudah & Ampuh Menghilangkan Karat pada Besi
General
7 Cara Mencuci Botol Minum Baru agar Tidak Bau, Dijamin Efektif!
No items found.
No items found.
Scroll to Top