Terms and Conditions
Terakhir Diperbarui: November 30, 2023
- "Ketentuan dan Syarat ini merupakan kontrak antara PT Luce Indonesia Group dan Klien.
- Klien menyetujui bahwa setiap penggunaan layanan kebersihan Perusahaan, termasuk pemesanan layanan melalui telepon, pesan teks, surel, formulir situs web, akan dianggap sebagai penerimaan Klien terhadap Ketentuan dan Syarat ini.
- PT Luce Indonesia Group menyediakan layanan kebersihan yang cepat dan efisien. Istilah 'kebersihan' tidak termasuk penghilangan minyak, cat, lak, atau zat lain serupa, atau pembersihan karpet (selain penyedotan debu).
- Setiap penawaran yang diberikan oleh PT Luce Indonesia Group, termasuk deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan, hanya merupakan perkiraan dan tidak menjamin pekerjaan yang akan dilakukan selama jam kerja yang disepakati. Kemampuan PT Luce Indonesia Group untuk menyelesaikan tugas-tugas yang ditawarkan untuk setiap layanan dapat bervariasi tergantung pada kondisi properti, kebutuhan pembersihan tambahan, atau faktor lain di luar kendali PT Luce Indonesia Group.
- Kecuali jika dinyatakan sebaliknya, PT Luce Indonesia Group hanya akan melaksanakan layanan yang ditawarkan selama jam kerja yang disepakati. Kadang-kadang, Klien dapat meminta agar PT Luce Indonesia Group melakukan pekerjaan tambahan melebihi jam kerja yang disepakati. Dalam keadaan tersebut, PT Luce Indonesia Group akan mengeluarkan faktur pembayaran kepada Klien untuk setiap jam tambahan yang dikerjakan."
- Harga layanan akan sesuai dengan harga yang tertera dalam penawaran.
- Klien memahami bahwa harga yang telah dikutip hanya mencakup layanan yang terindikasi dalam penawaran.
- Jika Klien memerlukan penggunaan peralatan kami untuk kontrak pembersihan rumah atau kantor, biaya tambahan akan dikenakan.
- Jika pengambilan kunci diperlukan dari lokasi di luar area kode pos, biaya tambahan mungkin dikenakan.
- Pada saat pemesanan, Klien harus menyediakan rincian mengenai setiap bahaya, termasuk permukaan licin, risiko atau bahaya, kotoran yang membandel, lemak, atau kotoran yang terdapat di lokasi.
- PT Luce Indonesia Group berhak mengubah penawaran awal jika kebutuhan awal Klien berubah.
- Kecuali dinyatakan sebaliknya, semua harga dan penawaran dinyatakan dalam jumlah yang belum termasuk PPN (Pajak Pertambahan Nilai).
- Semua penawaran diberikan oleh Perusahaan setelah permintaan dari Pelanggan dan akan tetap berlaku untuk penerimaan selama 30 hari sejak tanggal penawaran tersebut.
- Pembayaran diminta pada saat penyelesaian atau sebelumnya pada hari sesi pembersihan.
- Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank.
- Jika ada jumlah yang belum dibayarkan oleh Klien, PT Luce Indonesia Group dapat:
- Menagih biaya administrasi tambahan yang wajar; dan/atau
- Menagih bunga atas jumlah yang belum dibayarkan.
- Membatalkan perjanjian ini dengan atau tanpa pemberitahuan (termasuk melalui email).
- PT Luce Indonesia Group berhak untuk menangguhkan layanan pembersihan untuk akun yang terlambat bayar.
- Jika Perusahaan terpaksa mengarahkan akun Klien untuk penagihan kepada pihak ketiga maka biaya tambahan dapat ditambahkan ke jumlah yang belum dibayar oleh perusahaan penagihan utang.
- PT Luce Indonesia Group berhak untuk menuntut semua biaya tambahan, hukum, atau pihak ketiga, yang ditimbulkan oleh tindakan yang diperlukan yang diambil oleh PT Luce Indonesia Group untuk mengumpulkan saldo yang jatuh tempo dari Klien.
- PT. Luce Indonesia Group berhak membatalkan kontrak apa pun dan melakukan pembebanan tambahan atas layanan sebelumnya untuk mencerminkan selisih tarif standar jika terdapat informasi yang menyesatkan atau palsu yang digunakan untuk memperoleh layanan diskon.
- Klien harus menyediakan, tanpa biaya tambahan, semua listrik, air panas, dan utilitas lain yang diperlukan untuk memungkinkan PT Luce Indonesia Group melakukan pekerjaan.
- Klien setuju untuk memeriksa pekerjaan segera setelah pembersihan selesai dilakukan dan untuk memperhatikan perhatian pembersih atau teknisi terhadap masalah yang masih ada saat mereka masih berada di lokasi.
- PT Luce Indonesia Group tidak akan bertanggung jawab atas pemicu sistem alarm apapun. Klien harus memberikan instruksi khusus untuk menonaktifkan/mengaktifkan sistem alarm rumah tangga.
- Semua peralatan pembersihan yang disediakan oleh Klien harus aman dan dalam kondisi kerja yang baik. PT Luce Indonesia berhak untuk menghentikan layanan jika materi yang akan dibersihkan atau diobati tidak cocok untuk dibersihkan atau diobati. PT Luce Indonesia Group juga tidak akan melanjutkan pekerjaan jika misalnya air atau listrik tidak tersedia atau jika ada gangguan dalam pekerjaan dari Klien atau orang lain.
- Jika Klien telah menjadwalkan pemeriksaan inventaris, maka pemeriksaan tersebut harus dijadwalkan untuk dimulai paling lambat 24 jam setelah pekerjaan pembersihan selesai dilakukan. PT Luce Maintenance Group Pte Ltd tidak akan menerima keluhan berdasarkan laporan pemeriksaan inventaris yang diajukan lebih dari 24 jam setelah sesi pembersihan.
- Jika Klien memiliki kekhawatiran mengenai kualitas layanan yang diberikan, Klien wajib segera mengungkapkan kekhawatiran tersebut, paling lambat dalam waktu 24 jam setelah layanan diberikan.
- PT Luce Indonesia Group dapat memerlukan waktu hingga 48 jam untuk merespons sebuah komplain.
- Klien akan memastikan bahwa semua barang berharga disimpan dengan baik saat pekerjaan dilakukan dan bahwa properti diawasi oleh Klien atau wakilnya setiap saat selama proses pekerjaan berlangsung. PT Luce Indonesia Group tidak akan bertanggung jawab atas kegagalan Pelanggan untuk mematuhi kewajiban ini.
- Semua barang yang mudah pecah, rapuh, dan/atau bernilai tinggi (baik secara sentimental maupun moneter) harus diamankan atau dihapus sebelum setiap layanan disediakan oleh PT Luce Indonesia Group, dan PT Luce Indonesia Group tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan pada barang-barang tersebut.
- Dalam kasus kerusakan yang terkonfirmasi, yang disebabkan oleh pembersih atau teknisi, PT Luce Indonesia Group akan mencoba untuk memperbaiki barang tersebut dengan biaya kami. Jika barang tersebut tidak dapat diperbaiki, kami akan mengatasi masalah dengan mengkredit klien dengan nilai tunai aktual barang tersebut untuk penggantian serupa dari sumber Perusahaan setelah pembayaran layanan pembersihan, hingga jumlah kompensasi maksimum sebesar IDR 2.000.000.
- PT Luce Indonesia Group tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan akibat pemasangan barang yang rusak dan/atau tidak tepat. Semua permukaan (seperti marmer, granit, kayu, dll.) diasumsikan telah diberi pernis dan siap dibersihkan tanpa menyebabkan kerusakan.
- Biaya penggantian kunci/layanan tukang kunci hanya dibayarkan jika kunci hilang oleh karyawan kami. Penggantian maksimum untuk kehilangan kunci adalah IDR 500.000.
- Para pembersihan kami dengan senang hati akan memindahkan perabotan. Namun, karena regulasi Kesehatan dan Keselamatan, satu pembersih akan mencoba untuk hanya memindahkan perabotan yang memerlukan satu orang saja. Jika Klien meminta kru pembersihan untuk membersihkan di belakang atau di bawah barang-barang berat (misalnya kulkas, rak buku, atau perabotan lainnya), Klien akan memindahkan barang-barang tersebut sebelum layanan dimulai.
- Jendela-jendela yang berada di atas ketinggian 2 meter mungkin memerlukan peralatan khusus yang akan disediakan atas biaya sepenuhnya Klien jika ini diperlukan dalam layanan tersebut. Kru pembersihan kami hanya akan membersihkan bagian yang dapat mereka jangkau dari lantai, dan karena masalah kesehatan dan keselamatan, tidak ada yang akan melakukan pendakian dengan segala cara.
- PT Luce Indonesia Group berhak menolak permintaan apapun yang membuat mereka dalam posisi yang tidak aman, misalnya membungkuk keluar untuk membersihkan bagian eksterior jendela, atau di atas lemari unit AC.
- Penyalahgunaan atau penyerangan, baik secara verbal maupun fisik, terhadap staf kami tidak akan ditoleransi dan tindakan hukum atau penuntutan pidana akan diambil terhadap Klien atau pihak ketiga yang melanggar bagian ini.
- PT Luce Indonesia Group adalah Pengusaha Kesempatan yang Sama. Kami merekrut kru pembersihan kami berdasarkan kemampuan mereka dalam menjalankan pekerjaan dan bertujuan untuk memastikan bahwa semua petugas pembersihan rumah diperlakukan secara adil tanpa memandang asal etnis, agama, jenis kelamin, usia, status pernikahan, kewarganegaraan, orientasi seksual, atau disabilitas.
- Seluruh kru pembersih diinstruksikan dengan tegas untuk tidak menggunakan peralatan pribadi klien saat berada di rumah mereka. Klien menyetujui untuk memberi izin kepada anggota staf untuk menggunakan telepon HANYA untuk menghubungi tim Layanan Pelanggan melalui nomor lokal jika diperlukan.
- Kru pembersihan kami dengan senang hati akan bekerja di sekitar hewan peliharaan. Jika hewan peliharaan Anda menjadi gelisah atau menimbulkan kekhawatiran akan keselamatan, PT Luce Indonesia Group berhak untuk menarik karyawannya dari rumah Anda. Jika seorang karyawan harus meninggalkan rumah Anda sebelum pekerjaan selesai karena hewan peliharaan yang berbahaya, PT Luce Indonesia Group akan mengenakan biaya berdasarkan pro-rata atas pekerjaan yang telah dilakukan. Jika penarikan petugas pembersihan kami disebabkan oleh hewan peliharaan yang agresif, kebijakan pembatalan kami akan berlaku.
- Kru pembersihan memiliki pilihan untuk meninggalkan lokasi setelah tiba jika rumah dalam kondisi ekstrim atau terasa tidak aman/diancam. Jika Anda memesan pembersihan secara online yang tidak masuk akal, misalnya pembersihan setelah pesta besar, para pembersih dapat menolak layanan tersebut dan Anda akan dikenakan biaya pembatalan maksimum.
- Perusahaan akan mengatur penggantian segera jika pembersih yang dijadwalkan tidak dapat menghadiri kunjungan yang dijadwalkan, dan akan memberitahukan Klien sebelum kunjungan.
- Kecuali dinyatakan secara tertulis dan disepakati secara khusus, PT Luce Indonesia Group tidak diwajibkan untuk melakukan pekerjaan selama Hari Libur di Indonesia.
- Perjanjian dapat ditangguhkan oleh PT Luce Indonesia Group selama periode ketika karena alasan perang, kerusuhan, kebakaran, mogok, perselisihan perdagangan, atau (tanpa batasan) sebab apapun di luar kendali PT Luce Indonesia Group, PT Luce Indonesia Group tidak dapat melaksanakan pekerjaan dan tidak akan bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari hal tersebut.
- PT Luce Indonesia Group tidak akan bertanggung jawab dalam keadaan apapun atas kerugian, biaya, kerusakan, keterlambatan, biaya, atau kompensasi (baik secara langsung, tidak langsung, atau tidak langsung) yang mungkin dialami atau ditanggung oleh Pelanggan yang timbul dari atau terkait dengan:
- Kegagalan PT Luce Indonesia Group dalam menyediakan layanannya akibat faktor-faktor yang berada di luar kendali Perusahaan. Faktor-faktor di luar kendali termasuk tindakan banjir, kondisi cuaca buruk, dan ketidakmampuan untuk mengakses lokasi, kekurangan sumber daya yang sesuai, seperti air, listrik, dan pencahayaan;
- Keterlambatan kedatangan petugas pembersihan dari PT Luce Indonesia Group di alamat layanan. PT Luce Indonesia Group berusaha untuk tepat waktu dalam setiap kunjungan, tetapi terkadang karena masalah transportasi dan masalah lain yang berada di luar kendali PT Luce Indonesia Group, petugas pembersihan PT Luce Indonesia Group dapat tiba dengan keterlambatan atau kunjungan pembersihan dapat dijadwal ulang.
- Kerusakan yang sudah ada pada properti Pelanggan berupa noda/luka/tumpahan lama, dll. yang tidak dapat dibersihkan/dihilangkan sepenuhnya oleh para pembersih dengan menggunakan metode pembersihan standar industri;
- Hasil yang tidak memuaskan dari layanan pembersihan karena Klien atau pihak ketiga berjalan di lantai yang basah atau menggunakan peralatan selama atau segera setelah proses pembersihan;
- PT Luce Indonesia Group tidak akan bertanggung jawab atas bau yang muncul selama dan/atau setelah layanan pembersihan ketika hal ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti kurangnya ventilasi, dan/atau pemanasan yang sesuai.
- Klien harus memberikan pemberitahuan kepada PT Luce Indonesia Group setidaknya 24 jam sebelum Waktu Layanan, jika mereka ingin menunda, menunda, atau membatalkan Layanan atas alasan apa pun.
- Jika pemberitahuan tersebut diberikan, PT Luce Indonesia Group akan berusaha untuk menjadwalkan ulang Layanan jika diperlukan.
- Klien setuju untuk membayar 50% dari penawaran (termasuk Pajak) untuk biaya administrasi dan kerugian jika ia membatalkan atau mengubah tanggal/waktu kurang dari 24 jam sebelum janji yang dijadwalkan.
- Jika Pelanggan tidak memberikan akses yang tidak terhalangi ke Lokasi bagi PT Luce Indonesia Group atau pembersihnya untuk memberikan Layanan, Klien setuju untuk membayar biaya pembatalan yang setara dengan 50% dari penawaran (termasuk Pajak) untuk biaya administrasi dan perjalanan. Ini termasuk namun tidak terbatas pada penutupan pintu akibat pembersih kami ditolak; tidak ada yang berada di rumah untuk membukakan pintu; tidak ada air atau listrik tersedia di lokasi Klien atau masalah dengan kunci Klien. Jika kunci disediakan, kunci tersebut harus dapat membuka kunci tanpa upaya atau keterampilan khusus.
- Perjanjian ini dapat diakhiri oleh Klien dengan memberikan pemberitahuan setidaknya 24 jam sebelum Waktu Layanan.
- Semua pembersih yang terdaftar dengan kami dan bekerja atas nama kami telah melalui proses penilaian yang lengkap melalui wawancara pribadi serta pemeriksaan referensi dan riwayat pekerjaan.
- Klien mengakui bahwa segala informasi yang diberikan oleh Pelanggan dapat digunakan oleh PT Luce Indonesia Group untuk tujuan penyediaan Layanan. PT Luce Indonesia Group setuju untuk tidak membagikan informasi yang diberikan oleh Pelanggan kepada pihak ketiga yang tidak terlibat langsung dalam penyediaan Layanan (kecuali jika diwajibkan oleh hukum).
- Klien menyetujui PT Luce Indonesia Group untuk berkomunikasi dengan mereka secara elektronik dan/atau melalui media lainnya untuk menyediakan Layanan atau untuk alasan terkait penyediaan Layanan.
- PT Luce Indonesia Group akan mengambil semua tindakan pencegahan yang wajar untuk melindungi informasi pribadi yang diberikan oleh Klien dari kerugian, penyalahgunaan, akses atau pengungkapan yang tidak sah, perubahan, atau penghancuran.
- PT Luce Indonesia Group mempunyai hak untuk memperbarui atau mengubah syarat dan ketentuan ini kapan saja tanpa pemberitahuan sebelumnya, dan dapat melakukannya dengan cara menerbitkan perjanjian yang diperbarui di situs webnya. Setiap perjanjian yang diperbarui akan mulai berlaku 24 jam setelah diterbitkan di situs web.
- Klien menyetujui bahwa penggunaan Layanan setelah adanya perubahan tersebut, baik sebagai pekerjaan tunggal atau sebagai bagian dari jadwal pembersihan reguler, merupakan persetujuan mereka untuk mengikuti dan terikat oleh syarat dan ketentuan yang telah diubah.
- Dengan melakukan perjanjian layanan dengan PT Luce Indonesia Group, Klien menyetujui bahwa setelah berakhirnya layanan pembersihan, ia tidak akan menyewa atau menggunakan layanan domestik yang disediakan oleh pembersih saat ini atau sebelumnya yang diperkenalkan kepada Klien oleh perusahaan.
- PT Luce Indonesia Group berhak untuk melakukan perubahan pada bagian apapun dari syarat dan ketentuan ini tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya.