10 Rekomendasi Bahan Pembersih yang Mudah Ditemukan & Ramah Lingkungan

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Membersihkan rumah secara rutin adalah salah satu kunci hidup sehat. Tetapi, daripada menggunakan produk pembersih dengan bahan dasar kimia yang keras, lebih baik memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Apa saja bahan pembersih natural yang bisa digunakan untuk rumahmu? Cek rekomendasi yang sudah kami kumpulkan di sini!

Lemon

Asam dalam lemon sangat efektif untuk menghilangkan kotoran dan noda. Tidak hanya itu, lemon juga mengandung antibakteri yang dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap. Itulah mengapa, lemon sangat cocok digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga.

Untuk menghilangkan noda makanan atau kerak dari peralatan dapur seperti talenan, pisau, atau wadah penyimpanan makanan. Potong lemon menjadi dua bagian, dan gosok ke permukaan yang ingin dibersihkan dengan gerakan melingkar. Lemon bisa juga digunakan untuk membersihkan lemak membandel dari piring kotor, dengan cara mencampurkan satu sendok teh jus lemon ke dalam wadah yang berisi sabun pencuci piring.

Cuka Putih

Cuka putih juga merupakan bahan yang umum ditemukan di dapur dan dapat digunakan sebagai pembersih. Cuka dapat menghilangkan minyak, noda membandel, dan juga mendisinfeksi berbagai permukaan. Namun perlu diingat, cuka putih tidak disarankan untuk digunakan pada permukaan marmer.

Cuka putih bisa digunakan untuk membersihkan kaca yang kotor. Kamu hanya perlu mencampurkan cuka putih dan sabun cuci piring dalam rasio 1:1, lalu tambahkan air. Dengan ini, kamu  akan mendapatkan larutan pembersih kaca yang sangat ampuh!.

Cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan noda karat pada peralatan dapur. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu merendam peralatan dapur yang berkarat dalam cuka putih selama beberapa jam. Gosok karat dengan sikat atau spons, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

Soda Kue

Soda kue mengandung sodium bikarbonat yang efektif melarutkan lemak, minyak, dan noda terutama pada peralatan dapur. Soda kue memiliki sifat abrasif lembut yang bisa memudahkan penggosokan kotoran tanpa merusaknya. Tidak hanya itu, soda kue juga efektif digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap.

Boraks

Meskipun boraks mengandung unsur kimia, tapi boraks tetap tergolong sebagai pembersih yang aman digunakan. Boraks dapat digunakan untuk membersihkan kloset di kamar mandi. Untuk menggunakannya, tuangkan setengah gelas boraks ke dalam kloset dan biarkan semalaman. Pagi harinya, sikat kloset untuk menghilangkan kotoran dan noda membandel.

Boraks juga bisa digunakan untuk membersihkan wastafel atau bak cuci piring yang berminyak. Taburkan boraks pada wastafel atau bak cuci piring biarkan selama 15 menit, sebelum dibilas dengan air bersih.

Boraks sangat efektif untuk membersihkan berbagai jenis noda dan kotoran, menjadikannya pilihan praktis untuk berbagai keperluan pembersihan rumah tangga.

Garam

Garam adalah salah satu bahan dapur yang dimiliki oleh hampir semua rumah karena sering digunakan sebagai penambah rasa masakan. Namun tidak hanya itu, garam juga dapat digunakan untuk bahan pembersih untuk berbagai peralatan rumah tangga lho!

Campurkan garam dengan air panas dapat membuat pasta pembersih untuk menghilangkan noda bekas masak di area kompor. Oleskan pasta garam pada area yang kotor dan berminyak di kompor. Gosok dengan lembut menggunakan spons atau kain bersih.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung MCFAs yang dapat melarutkan lemak dan minyak dengan mudah. Selain itu, sifat antibakteri dalam minyak kelapa juga dapat membasmi bakteri dan jamur. Salah satu kegunaan minyak kelapa adalah untuk membuat permukaan stainless steel di rumah lebih berkilau. 

Untuk menggunakannya juga cukup mudah, hanya tinggal dioleskan secara merata pada permukaan stainless steel dan kemudian digosok dengan sikat gigi bekas. Kemudian, bilas dengan air bersih hingga bersih dan keringkan dengan kain atau tisu.

Minyak Kayu Putih

Tidak hanya untuk menghangatkan tubuh atau mengobati luka, minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda getah yang tidak sengaja terkena pakaian atau perabotan berbahan kain.. 

Minyak Esensial (Essential Oil)

Minyak esensial memiliki kemampuan membunuh bakteri dan jamur karena bahan utamanya yang diekstrak dari tanamanan natural. Dengan menggunakan minyak esensial, kamu bisa membuat pembersih rumah tangga yang efektif dan ramah lingkungan. 

Minyak esensial dapat digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga yang terkena noda permen karet, membersihkan kotoran di lis jendela, dan menjadi pengharum natural yang efektif dalam toilet.

Alkohol 

Alkohol merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai macam permukaan. Seperti contohnya, alkohol dapat digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan kaca, dan bisa juga digunakan untuk menghilangkan noda permanen pada perabot seperti meja maupun rak. Tidak hanya itu, alkohol juga memiliki sifat antiseptik yang efektif untuk membunuh kuman dan bakteri!

Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya bagus untuk kesehatan kulit, tapi juga sangat efektif sebagai bahan pembersih. Minyak zaitun dapat menghilangkan kotoran dari panci besi, membersihkan sepatu kulit, dan menyemir perabotan kayu atau rotan agar tidak gampang retak. 

Untuk membersihkan panci besi, kamu bisa membuat pasta pembersih dengan mencampurkan minyak zaitun dan satu sendok teh garam kasar untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran atau noda, kemudian bilas dengan air panas. 

Sedangkan untuk mencegah rotan dan furnitur berbahan dasar kayu retak, kamu bisa menggosok permukaannya dengan minyak zaitun secara rutin.

Luce: Solusi Rumah Bersih dan Sehat!

Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui di rumah, kamu dapat membuat pembersih yang tidak hanya efektif namun juga ramah lingkungan. Namun, jika kamu mencari solusi yang lebih praktis dan profesional, Luce adalah penyedia jasa bersih rumah terbaik yang siap membantu membuat hidupmu lebih mudah!

Dengan tim yang berpengalaman Luce dapat memastikan rumahmu tetap bersih, sehat, dan nyaman.

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Apa Itu General Cleaning? Pengertian dan Manfaatnya
General
Cleaning Service: Pengertian dan Tugasnya
No items found.
No items found.
No items found.
Scroll to Top