8 Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel: Ampuh & Mudah

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Karat pada stainless steel adalah masalah umum yang sering terjadi. Walaupun stainless steel dikenal memiliki ketahanan terhadap karat dan korosi, faktanya tetap bisa terkena karat dalam kondisi tertentu.

Kehadiran karat pada stainless steel tidak hanya mempengaruhi penampilan, tetapi juga bisa mengurangi kekuatan serta daya tahannya. Yuk cek beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karat pada stainless steel di bawah ini!

Apa Penyebab Karat pada Stainless Steel?

  • Perawatan Tidak Tepat: Jika permukaan stainless steel tidak dibersihkan dengan benar, atau tidak dikeringkan setelah dibersihkan, itu semua dapat menyebabkan karat lebih mudah muncul. Karena itu saat membersihkan stainless steel pastikan untuk menggunakan alat dan cara yang tepat.
  • Paparan Bahan Kimia: Bahan kimia seperti asam sulfat dapat merusak lapisan pelindung stainless steel dan memicu karat. Pastikan untuk menghindari stainless steel dari paparan bahan kimia apapun untuk menjaganya bebas karat.
  • Faktor Lingkungan: Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi terjadinya karat pada stainless steel. Sebagai contoh, suhu tinggi dapat menyebabkan sensitisasi atau proses penggabungan karbon dan kromium menjadi karbida, yang dapat merusak stainless steel.
  • Kualitas Stainless Steel: Kualitas material stainless steel juga berperan dalam ketahanannya terhadap karat. Misalnya, stainless steel dengan kandungan nikel dan kromium tinggi lebih rentan terhadap karat akibat paparan larutan klorida atau air asin.

Bagaimana Cara Menghilangkan Karat pada Stainless Steel?

Baking Soda dan Air

Cara ini sangat sederhana namun ampuh digunakan untuk mengatasi karat pada stainless steel. Kamu hanya perlu mencampurkan dua gelas air hangat dengan dua sendok baking soda. Rendam peralatan stainless steel dalam larutan tersebut selama 10 hingga 30 menit. Setelah direndam, keringkan dengan kain lembut atau berbahan microfiber. Tidak perlu khawatir, baking soda bersifat non-abrasif sehingga dapat menghilangkan karat tanpa merusak material.

Cuka Putih

Cuka putih yang mengandung asam asetat efektif untuk menghilangkan karat pada stainless steel tanpa merusak lapisannya. Cukup rendam atau gosok peralatan yang berkarat dengan cuka putih dan biarkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih dan dikeringkan.

Lemon dan Garam

Dua bahan dapur ini juga sangat ampuh digunakan untuk mengatasi karat pada stainless steel. Kamu hanya perlu menaburkan garam pada area yang berkarat, lalu peras lemon di atasnya. Biarkan campuran tersebut bekerja selama dua jam. Setelah itu, gunakan kulit lemon untuk menggosok karat sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

Cream of Tartar dan Lemon

Campuran cream of tartar dan lemon sangat efektif untuk menghilangkan karat. Cream of tartar bertindak sebagai agen pembersih yang lembut, sementara asam dalam lemon membantu melarutkan noda karat. Kombinasi dua bahan ini dapat memudahkan proses pengangkatan karat tanpa merusak permukaan stainless steel.

Untuk menggunakan dua bahan ini, campurkan satu sendok cream of tartar dengan beberapa tetes jus lemon. Oleskan campuran ini pada karat, lalu gosok dengan spons basah. Setelah noda hilang, bersihkan dengan kain kering.

Baca Juga: Cara Mudah & Ampuh Menghilangkan Karat pada Besi

Uap Panas

Gunakan kain microfiber yang diletakkan di atas area yang berkarat, lalu tuang air mendidih di atasnya. Biarkan kain dan permukaan peralatan mendingin, kemudian gosok karat dengan kain hingga hilang. Terakhir, bilas dengan air bersih.

Asam Sitrat

Asam sitrat dapat adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan karat dengan cepat. Untuk menghilangkan karat dengan asam sitrat, campurkan asam sitrat dengan air (rasio 1:10). Gosok permukaan stainless steel dengan kain lembut yang dicelupkan dalam larutan ini.

Soda Kue dan Sabun Cuci Piring

Untuk membersihkan karat dengan ampuh, kamu hanya membutuhkan dua bahan yang mudah ditemukan ini. Campurkan soda kue dengan sabun cuci piring cair dan oleskan pada noda karat menggunakan kain microfiber. Gosok perlahan hingga karat hilang, kemudian bilas dengan air dan keringkan.

Produk Khusus Stainless Steel

Ada produk pembersih khusus yang dirancang untuk menghilangkan karat pada stainless steel. Biasanya berbentuk serbuk yang dicampur dengan air hingga berbentuk pasta, yang kemudian hanya tinggal dioles pada area yang berkarat sebelum digosok dan dibilas kembali.

Memastikan peralatan rumah tangga berbahan stainless steel bebas karat sangat penting untuk menjaga kebersihan, fungsi, dan daya tahan produk tersebut.

Mengabaikan masalah karat dapat berakibat pada kerusakan lebih lanjut, mengurangi kekuatan material, serta mempengaruhi estetika dan keawetan produk. Selain itu, karat juga dapat mencemari makanan atau bahan lain yang bersentuhan dengan permukaan yang berkarat, sehingga membahayakan kesehatan.

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
General
Mau Membersihkan Air Kolam Ikan? Ini 7 Cara Mudah dan Cepatnya!
General
10 Cara Mudah & Ampuh Menghilangkan Karat pada Besi
General
7 Cara Mencuci Botol Minum Baru agar Tidak Bau, Dijamin Efektif!
General
4 Cara Membersihkan Botol Minum Plastik Kusam: Praktis dan Efisien!
No items found.
Scroll to Top