7 Cara Mencuci Botol Minum Baru agar Tidak Bau, Dijamin Efektif!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Menjaga kebersihan botol minum baru sangat penting untuk memastikan kesehatan dan keamanan konsumsi minuman kamu. Botol minum yang lembab dan kotor memiliki potensi untuk menjadi sarang kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit jika tidak dibersihkan dengan benar. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk mencuci botol minum baru yang efektif, sehingga kamu dapat menghindari risiko terkena penyakit dan menjaga kesehatan dengan baik. 

Mau tau bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan botol minum agar bersih dan tidak bau? Yuk baca beberapa cara yang telah kami rangkum dibawah ini, untuk membersihkan botol minum baru dengan efektif.

7 Cara Membersihkan Botol Minum Baru 

1. Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Kamu bisa menggunakan air panas dan sabun cuci piring untuk membersihkan botol minum yang baru dibeli. Mencuci botol dengan air panas sangat dianjurkan, karena suhu tinggi dari air panas sangat efektif untuk membunuh bakteri, kuman, dan sisa-sisa bahan kimia, yang mungkin menempel selama proses pembuatan botol baru.

Bersihkan dengan cara merendam botol minum dalam air panas yang dicampur dengan sabun cuci piring untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang membandel.

2. Air Panas dan Garam Kasar

Larutan air panas dan garam kasar juga sangat efektif untuk membersihkan botol minum. Garam kasar akan bertindak sebagai agen abrasif alami yang dapat membantu mengikis kotoran dan bau yang tersisa.

3. Menggunakan Baking Soda

Salah satu bahan dapur untuk membuat kue atau masak ini, juga merupakan salah satu alat pembersih natural yang sangat efektif loh! Termasuk untuk menghilangkan bau dari botol minum. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkan baking soda dengan air hangat untuk membersihkan botol minum. Diamkan sejenak, sebelum dikocok dan dibilas dengan air bersih. Ini akan menjadi cara yang sangat efektif untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dari botol minum.

4. Larutan Cuka Putih

Cuka putih juga adalah perlengkapan dapur yang bisa bertindak sebagai agen pembersih yang efektif. Untuk menggunakannya, kamu hanya tinggal merendam botol minum dengan campuran larutan cuka putih dan air. Tidak hanya menghilangkan bau, cuka putih juga sangat ampuh untuk menghilangkan bakteri yang mungkin menempel pada botol baru.

5. Air Lemon

Peras air lemon ke dalam botol minum dan diamkan sejenak sebelum membilasnya untuk membersihkan dan memberikan aroma yang menyegarkan. Lemon tidak hanya bisa menghilangkan bau pada botol dan memberikan aroma segar, tetapi juga memiliki sifat antibakteri alami.

6. Bubuk Kopi

Tidak hanya untuk dikonsumsi, bubuk kopi juga dapat digunakan sebagai pembersih alami loh! Untuk menggunakannya, kamu hanya tinggal mencampurkan bubuk kopi dengan air hangat dan gosokkan ke dalam botol minum. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan bau pada botol minum.

7. Daun Pandan atau Daun Mint

Jika kamu menginginkan aroma alami yang menyegarkan untuk botol yang baru dibeli, kamu bisa coba untuk tambahkan daun pandan atau daun mint ke dalam botol minum setelah mencucinya. Ini akan memberikan aroma alami dan membantu menjaga kebersihan botol minum!

Dengan menggunakan salah satu atau kombinasi dari metode ini, kamu dapat memastikan botol minum baru tetap bersih, bebas dari bau, dan selalu siap untuk digunakan!

Langkah-Langkah Mencuci Botol Minum Baru

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, kamu juga bisa mengikuti beberapa langkah-langkah mencuci botol minum baru dibawah ini.

Langkah 1: Kocok Bagian Dalam dengan Air Panas

Pertama-tama, isi botol dengan air panas hingga setengah penuh. Kemudian, kocok botol selama beberapa detik. Ini akan membantu mengangkat kotoran dan residu dari pabrik yang mungkin tertinggal dalam botol. Buang air panas dan kamu bisa mengulangi proses ini jika diperlukan.

Langkah 2: Cuci dengan Sabun

Tuangkan sedikit sabun cuci piring ke dalam botol, kemudian isi botol dengan air hangat.

Kamu bisa menggunakan sikat botol atau spons untuk menggosok seluruh bagian dalam botol. Pastikan kamu menggosok semua bagian dalam botol, hingga semua sudut dan bagian bawah.

Langkah 3: Menghilangkan Bau dengan Bahan yang Dipilih

Botol yang baru dibeli, biasanya memiliki bau karet atau pabrik yang tidak sulit untuk hilang. Namun tidak perlu khawatir, karena untuk menghilangkan bau yang tidak sedap, kamu bisa menggunakan cara yang telah kami rangkum di atas!

Langkah 4: Pembilasan Akhir

Bilas semua bagian botol dengan air bersih hingga tidak ada sisa sabun, cuka, atau baking soda yang tertinggal. Pastikan untuk membilas dengan cermat agar tidak ada residu yang dapat mempengaruhi rasa air atau minuman yang dimasukkan ke dalam botol.

Langkah 5: Keringkan Botol Sebelum Digunakan

Terakhir, keringkan semua bagian botol dengan lap bersih dan taruh botol di tempat yang bersih dan kering. Pastikan botol benar-benar kering sebelum digunakan kembali untuk mencegah kelembaban yang dapat memicu pertumbuhan kuman.

Membersihkan botol minum baru sebelum digunakan adalah langkah penting yang tidak boleh diabaikan. Ini karena, kebersihan botol minum memainkan peran krusial dalam mencegah penyebaran kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. 

Botol minum yang lembab dan kotor merupakan tempat ideal bagi pertumbuhan mikroorganisme berbahaya, yang dapat mengkontaminasi air atau minuman yang kamu konsumsi. Oleh karena itu, kamu bisa mensontek cara diatas yang paling sering digunakan oleh tim jasa bersih rumah kami, untuk mencuci botol minum sebelum penggunaan pertama!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
General
Mau Membersihkan Air Kolam Ikan? Ini 7 Cara Mudah dan Cepatnya!
General
10 Cara Mudah & Ampuh Menghilangkan Karat pada Besi
General
4 Cara Membersihkan Botol Minum Plastik Kusam: Praktis dan Efisien!
No items found.
No items found.
Scroll to Top