Mau Membersihkan Air Kolam Ikan? Ini 7 Cara Mudah dan Cepatnya!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Saat kamu memutuskan untuk memelihara ikan di rumah, itu berarti kamu perlu berkomitmen untuk menjaga kebersihan kolamnya. Kolam ikan mudah berlumut dan berubah keruh warna airnya. Oleh karena itu membersihkan kolam ikan dengan rutin adalah kewajiban yang tidak boleh terlewatkan, karena bisa fatal akibatnya. Jika air kolam dibiarkan kotor, maka itu dapat mengganggu kesehatan ikan dan bahkan berpotensi menyebabkan kematian ikan.

Apa Penyebab Air Kolam Ikan Berubah Warna?

Tanpa perawatan yang tepat, kolam ikan bisa berubah warna menjadi  keruh dan hijau seiring waktu. Yuk ketahui apa saja penyebab air kolam ikan dapat berubah warna dibawah ini!

Algae

Algae atau lumut air adalah salah satu penyebab utama perubahan warna air kolam ikan. Algae biasanya tumbuh subur di kolam yang sering terpapar sinar matahari, dan nutrisi tinggi di dalam airnya. Ketika sering terpapar matahari dan mendapatkan nutrisi dari kotoran ikan, alga akan berfotosintesis dan berkembang biak lebih cepat.

Lumut air ini bisa membuat kolam berubah warna menjadi hijau, kecoklatan, bahkan saking keruhnya jadi berwarna hitam! Selain membuat air terlihat kotor dan menjadi berbahaya untuk ikan, algae juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan mata lho jika tersentuh.

Bakteri

Bakteri juga bisa menyebabkan perubahan warna pada air kolam.  Salah satu jenis bakteri yang sering ditemukan di kolam ikan ada Pseudomonas Aeruginosa. Bakteri ini bisa sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan penyakit seperti infeksi kulit. 

Kandungan Kimia atau Mineral yang Tinggi

Pada kolam yang tidak dijaga kebersihannya, air kolam bisa menjadi keruh karena kandungan bahan kimia atau mineral yang terlalu tinggi. Salah satu bahan kimia yang sering menyebabkan air kolam keruh adalah kalsium. Kalsium bisa mengendap di dinding atau dasar kolam dan menyebabkan kerak, yang akhirnya membuat air kolam menjadi keruh.

pH Air Kolam Tidak Stabil

Ketidakseiambangan pH air kolam juga dapat mempengaruhi warna air, sehingga air bisa berubah menjadi hijau. Ini dikarenakan tingkat pH air kolam yang tidak seimbang bisa membuat bakteri dan lumut lebih mudah berkembang biak.

Cuaca

Air hujan yang masuk ke kolam dapat mengubah pH air dan membawa partikel kotoran, sehingga membuat air menjadi kotor dan berwarna hijau. Tidak hanya cuaca hujan, suhu tinggi juga dapat mempengaruhi warna kolam ikan karena dapat mempercepat pertumbuhan algae dan bakteri.

Kotoran

Kotoran ikan atau sisa makanan yang mengendap juga bisa menyebabkan air kolam menjadi keruh. Memberi makan ikan terlalu banyak akan meninggalkan sisa makanan yang kemudian membuat kolam keruh.

Sirkulasi Air Tidak Lancar

Kolam tanpa filter yang dapat membantu sirkulasi air, sering menghadapi masalah kolam keruh. Ini dikarenakan saat kolam ikan tidak diberi filter, maka kotoran yang ada didalamnya tidak bisa bersirkulasi dengan baik.

Plastic pollution and plants in a fish tank

Bagaimana Cara Membersihkan Kolam Ikan?

1. Ambil Kotoran dan Lumut dengan Jaring

Langkah pertama adalah dengan menghilangkan kotoran yang mengambang di permukaan, menggunakan jaring. Jika dibiarkan, kotoran dapat tenggelam dan mengendap di dasar kolam. Kotoran bisa meliputi daun, ranting, dan serangga atau larva yang mati.

2. Gunakan Air Mengalir Dilengkapi dengan Filter

Memiliki sumber air mengalir dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang yang memelihara ikan di kolam. Padahal dalam budidaya ikan, air berperan penting karena sumber air berkualitas akan mendukung kehidupan dan pertumbuhan ikan. Kombinasi air bersih dan filter dapat sangat efektif untuk membuang kotoran terbuang lebih cepat, sehingga tetap bersih lebih lama.

3. Hilangkan Akar Algae

Akar algae adalah salah satu penyebab utama air kolam menjadi keruh dan berwarna hijau. Untuk membersihkan akar algae, kamu bisa menggunakan sisir, atau sikat.

4. Bersihkan Sisa Kotoran di Bagian Bawah Kolam

Untuk membersihkan sisa kotoran di bagian bawah kolam, pertama-tama perlu untuk mengeluarkan ikan dari dalam kolam, dan taruh ditempat yang aman. Kemudian sedot air kolam menggunakan penyedot khusus air. Setelah air berkurang, bersihkan bagian bawah dari sisa-sisa kotoran.

5. Gunakan Pembersih Anti-Bakteri

Setelah membersihkan dasar kolam, selanjutnya kamu perlu menggunakan produk anti-bakteri untuk memecah limbah yang tersisa. 

6. Bersihkan Filter Kolam

Filter digunakan untuk menyaring kotoran dari ikan dan tanaman di kolam, termasuk sisa makanan dan bakteri. Jika air tidak bisa mengalir sempurna melalui filter, kebersihan kolam akan terganggu. Tapi perlu juga diingat bahwa filter perlu sering dibersihkan. Untuk membersihkan filter, kamu hanya perlu merendamnya dalam air. 

7. Tambahkan Hidrogen Peroksida

Ketika air kolam berwarna hijau pekat, hidrogen peroksida dapat menjadi solusi efektif untuk menghilangkannya. Tambahkan sekitar ½ liter hidrogen peroksida dalam setiap 1000 liter air kolam. Kemudian, aduk hingga merata sebelum dimasukkan ke kolam. 

5 Tips Menjaga Kebersihan Kolam Ikan

Untuk memastikan kejernihan air kolam ikan, pastikan untuk membersihkannya minimal 1 kali dalam sebulan dan jangan tunggu hingga air terlihat keruh. Selain rutin membersihkan, kamu juga bisa mengikuti tips dibawah ini untuk menjaga kebersihan kolam ikan.

  • Mengatur Pola Makan Ikan: Pastikan untuk memberi makan ikan secukupnya, dan membersihkan sisa makanan yang tidak dimakan agar tidak ada sisa yang mengendap di dasar kolam.
  • Menambahkan Biang Bakteri Untuk Kolam: Biang bakteri dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem kolam, dan memecah limbah organik seperti sisa makan dan kotoran ikan.
  • Mengontrol Pertumbuhan Ganggang dan Alga: Untuk mengontrol pertumbuhan ganggang dan alga, hindari menempatkan kolam dibawah sinar matahari langsung.
  • Membeli Tanaman Air: Tanaman air tidak hanya dapat mempercantik kolam, tetapi juga berperan penting dalam menjaga kebersihan air. Tanaman air dapat menyerap nutrisi berlebih yang memicu pertumbuhan alga. 
  • Melakukan Pembersihan Rutin: Membersihkan kolam secara rutin adalah kunci untuk menjaga kebersihan dan kesehatan ikan. Pembersihan meliputi mengangkat kotoran mengambang, membersihkan filter, dan mengganti sebagian air kolam secara berkala.

Rasakan Perbedaan Luce!

Menjaga kebersihan kolam ikan penting untuk dilakukan, baik bagi yang ingin membudidayakan ikan maupun yang memelihara ikan sebagai hewan hias di rumah. 

Butuh tips lain untuk menjaga kebersihan rumah kamu? Kunjung website Luce Indonesia! Luce adalah penyedia jasa cleaning service yang siap memenuhi semua kebutuhan hunian. Kami berkomitmen untuk memudahkan kamu memiliki rumah yang bersih dan sehat, tanpa perlu repot. Rasakan perbedaan Luce!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
General
10 Cara Mudah & Ampuh Menghilangkan Karat pada Besi
General
7 Cara Mencuci Botol Minum Baru agar Tidak Bau, Dijamin Efektif!
General
4 Cara Membersihkan Botol Minum Plastik Kusam: Praktis dan Efisien!
No items found.
No items found.
Scroll to Top