Jangan Asal! Ini Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Lem Power Glue Pada Segala Jenis Permukaan

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Untuk memperbaiki peralatan rumah yang rusak, lem besi atau power glue adalah alat yang paling cocok untuk digunakan. Lem ini cepat kering dan memiliki daya rekat yang sangat kuat. Namun, jika lem ini mengenai permukaan yang tidak diinginkan, maka kamu harus bersabar karena akan sangat sulit untuk menghilangkannya.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan saat lem power glue tidak sengaja mengenai permukaan yang tidak diinginkan!

Cara Menghilangkan Bekas Lem Power Glue dari Pakaian dan Kain

Aseton adalah kunci untuk menghilangkan bekas lem power glue pada pakaian atau perabotan kain di rumah. Aseton mengandung zat yang efektif untuk menghilangkan bekas power glue dari kain dan pakaian. Tidak hanya itu, aseton juga mudah ditemukan di toko-toko bahan kimia, toko peralatan rumah tangga, bahkan toko kecantikan karena aseton sering digunakan sebagai pembersih kuku dari kuteks.

Pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu pada bagian yang tidak terlihat dari kain untuk memastikan bahwa aseton tidak akan merusak atau memudarkan warna kain. Berikut cara penggunaan aseton untuk menghilangkan power glue dari pakaian dan kain:

  • Pertama, pastikan kain atau pakaian yang terkena lem kering dan bersih.
  • Kemudian, tuangkan sedikit aseton ke kapas atau kain bersih.
  • Gosok  kapas atau kain yang telah dibasahi dengan aseton secara perlahan ke area yang terkena lem. Jangan menggosok terlalu keras untuk menghindari kerusakan pada kain.
  • Kamu bisa terus mengulangi langkah ini sampai bekas lem betul-betul hilang.
  • Setelah selesai, cucilah kain atau pakaian menggunakan deterjen untuk menghilangkan sisa aseton.

Dengan mematuhi langkah-langkah ini, pakaian ataupun perabotan kain bisa kembali bersih dan tidak ada lagi sisa-sisa bekas power glue yang mengganggu!

Cara Menghilangkan Bekas Lem Power Glue dari Perabotan Rumah

Power glue umumnya sangat cair, cepat kering, dan sangat kuat saat sudah menempel. Ini membuatnya rentan menetes ke perabotan rumah yang tidak diinginkan dan meninggalkan noda sulit dibersihkan. Namun jika ini terjadi, kamu tidak perlu khawatir karena bekasnya bisa dibersihkan dengan mudah, dengan beberapa cara dibawah ini!

Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Jika lapisan lem yang menetes tidak terlalu tebal, coba segera bersihkan dengan air panas. Air panas akan membantu melembutkan lem sehingga lebih mudah dihilangkan. Jika ternyata masih ada sisa lem yang menempel setelah dibersihkan dengan air panas, kamu bisa menambahkan sedikit sabun cuci piring ke air panas tersebut. Rendam lap bersih dalam campuran ini, dan gunakan untuk menggosok area yang terkena lem.

Aseton

Tidak hanya untuk menghilangkan bekas lem di bahan kain, aseton juga bisa digunakan untuk membersihkan bekas lem dari perabotan di rumah lho. Namun perlu diingat aseton tidak cocok digunakan untuk perabotan yang terbuat dari kayu. Untuk menggunakan aseton, basahi kapas atau kain bersih dengan aseton, lalu gosok perlahan pada area yang terkena lem.

Hidrogen Peroksida

Jangan panik jika perabotan atau lantai keramik di rumahmu terkena power glue! Kamu bisa menggunakan hidrogen peroksida untuk menghilangkan bekas lem dari permukaan non-porous seperti keramik atau batu alam lainnya. Kamu hanya perlu mengoleskan hidrogen peroksida pada area yang terkena lem, biarkan beberapa saat, kemudian bersihkan dengan kain atau spons bersih.

Kertas Amplas

Pada perabotan rumah yang berbahan dasar kayu, kamu dapat menggunakan kertas amplas untuk menghilangkan bekas power glue yang tidak sengaja tumpah. Kamu hanya perlu mengamplas bekas lem secara perlahan hingga hilang, dan perabotan kayu bisa kembali bersih tanpa noda bekas power glue! Namun perlu diingat untuk tidak menggosok terlalu dalam agar tidak merusak permukaan perabot.

Cara Menghilangkan Bekas Lem Power Glue dari Benda Plastik

Kerusakan akibat power glue pada benda plastik bisa cukup parah. Ini dikarenakan lem yang sudah mengering, jika dibersihkan sembarangan, dapat membuat permukaan plastik menjadi rusak. Oleh karena itu, untuk menghilangkan bekas lem power glue pada plastik harus dilakukan dengan perlahan dan tidak terburu-buru. 

Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan air panas. Metode ini efektif dan tidak memerlukan alat khusus karena lem akan mengelupas setelah terkena air panas. Kamu hanya perlu menuangkan air panas langsung pada area yang terkena lem. Tunggu sampai lem mulai mengelupas, kemudian kelupas lem hingga bersih.

Untuk benda plastik kecil yang dapat direndam, kamu bisa menggunakan cairan sabun cuci piring untuk merendam permukaan yang terkena lem power glue.

Luce Untuk Rumah yang Lebih Bersih!

Ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas lem power glue dari berbagai perabotan di rumahmu. 

Jika kamu membutuhkan bantuan profesional untuk membersihkan rumah, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa bersih rumah dari Luce. Luce menyediakan layanan pembersihan profesional untuk menjaga rumah kamu tetap bersih dan nyaman. Cleaners kami siap membantu kamu dengan kebutuhan pembersihan rumah, termasuk mengatasi masalah seperti bekas lem power glue!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
8 Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
Mau Rice Cooker Bersih? Ikuti 6 Cara Ampuh Membersihkan Magic Com Bagian Dalam Ini
Home Cleaning
12 Cara Merawat Rumah agar Tetap Bersih dan Nyaman
Home Cleaning
8 Cara Menyapu yang Benar Agar Rumah Jadi Bersih
Home Cleaning
Ikuti 5 Cara Membersihkan Tembok yang Kotor Ini, Dijamin Ampuh!
Scroll to Top