5 Manfaat Soda Api Untuk Penggunaan Sehari-Hari

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Sodium hidroksida atau yang lebih dikenal sebagai soda api adalah zat kimia berwarna putih yang tidak berbau. Bahan ini merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan sebagai produk pembersih rumah tangga, karena efektifitasnya yang tinggi.

Namun meski begitu, perlu berhati-hati saat menggunakan soda api. Ketika terkena air dalam keadaan padat, soda api dapat menghasilkan panas dan mudah menyulut bahan yang mudah terbakar. Tidak hanya itu, soda api juga dapat menyebabkan luka bakar jika terkena kulit langsung, dan jika tertelan, dapat menyebabkan keracunan hingga kerusakan organ. Karena itu penting untuk menggunakan dan menyimpan soda api dengan aman.

Apa Fungsi Soda Api dalam Kehidupan Sehari-hari?

Penghilang Noda Karat Pada Besi

Soda api merupakan salah satu bahan yang sangat efektif digunakan untuk menghilangkan noda karat pada besi. Untuk menggunakannya sebagai penghilang karat, kamu hanya perlu melarutkan soda api dalam air di wadah logam. Kemudian, gunakan kuas untuk mengoleskan larutan tersebut ke permukaan besi yang berkarat. Setelah didiamkan kurang lebih 10 menit, bilas permukaan besi dengan air dan sabun, lalu keringkan dengan kain bersih.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi

Penghilang Cat

Soda api juga dapat digunakan untuk mengelupas cat dari permukaan tertentu yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, soda api sangat sering digunakan di permukaan benda yang ingin diubah warna catnya untuk membuat benda tersebut tampak seperti baru kembali.

Melancarkan Saluran Air yang Tersumbat

Salah satu kegunaan soda api yang paling umum diketahui adalah kemampuannya untuk  melancarkan saluran air yang tersumbat. Soda api memiliki kemampuan untuk melarutkan lemak, minyak, dan sisa-sisa organik lainnya yang menyebabkan penyumbatan. Oleh karena itu tidak perlu khawatir jika saluran air atau toilet di rumah tiba-tiba mampet. Soda api bisa menjadi cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

Untuk menggunakan soda api sebagai pelancar saluran air, kamu hanya perlu menyiapkan larutan soda api. Kemudian tuangkan larutan tersebut secara perlahan ke dalam saluran air yang tersumbat. Biarkan larutan bekerja dan jangan bilas selama 15-30 menit. Waktu tunggu ini penting untuk memastikan soda api bisa bekerja dengan maksimal untuk melarutkan penyumbatan. Setelah selesai, bilas saluran air dengan air panas untuk membantu membersihkan sisa-sisa penyumbatan dan larutan soda api.

Membersihkan Kerak

Larutan soda api juga dapat membersihkan kerak dengan efektif karena kemampuannya bereaksi dengan lemak, minyak hewani, atau minyak nabati untuk membentuk sabun dan gliserol. 

Kamu hanya perlu menyiapkan larutan soda api, kemudian menggunakan kuas atau spons untuk mengoleskannya ke permukaan yang berkerak. Biarkan larutan bekerja selama 10-15 menit untuk memungkinkan reaksi kimia dengan lemak dan minyak. Setelah itu, bilas permukaan dengan air bersih secara menyeluruh. Jika dirasa perlu, kamu juga bisa menggunakan sabun dan air untuk memastikan tidak ada sisa soda api yang tertinggal. 

Membersihkan Dinding Kamar Mandi

Jika dinding kamar mandi sudah terlihat sangat kotor, maka penggunaan soda api lebih disarankan daripada sekedar sabun biasa. Soda api bisa sangat efektif untuk membuat kamar mandi berubah bersih dan kinclong seperti semula lagi.

Baca Juga: Butuh Tips Membersihkan Kamar Mandi dengan Mudah? Cek Disini!

Tips dan Cara Menggunakan Soda Api

Sebagai bahan yang sangat mudah ditemui dimana-mana, tidak heran kalau soda api sering dipilih sebagai bahan pembersih rumah. Namun, meski umumnya penggunaan soda api aman, kamu tetap perlu memperhatikan beberapa tips penggunaan dibawah ini untuk memastikan semua berjalan aman dan efektif!

  • Persiapkan peralatan dan perlindungan diri yang sesuai. Pastikan untuk mengenakan sarung tangan kedap air, kacamata pelindung, masker, dan pelindung wajah jika diperlukan. Jauhkan anak-anak dan hewan peliharaan dari area kerja dan selalu simpan soda api dalam wadah yang aman dan kering.
  • Buka kemasan soda api dengan hati-hati dan hindari kontak langsung dengan kulit atau mata. 
  • Saat menyiapkan larutan soda api, perlu diingat bahwa soda api yang harus ditambahkan kedalam air, dan bukan sebaliknya
  • Selalu gunakan air dingin saat membuat larutan soda api untuk menghindari reaksi panas. 
  • Setelah selesai menggunakan soda api, jangan lupa untuk membersihkan peralatan dan area yang terkena soda api. Pastikan tidak ada sisa larutan soda api yang tertinggal di permukaan atau saluran pembuangan, untuk menjamin kesehatan bersama. 

Mau Rumah Bersih? Luce Solusinya!

Ingin rumahmu selalu bersih dan bebas dari kotoran? Kamu bisa menggunakan jasa bersih rumah Luce untuk memenuhi semua kebutuhan pembersihan hunian. Luce adalah penyedia layanan kebersihan di Indonesia yang dijamin tidak akan mengecewakan. Kami berkomitmen untuk menyediakan pelayanan terbaik untuk rumah kamu, sehingga kamu bisa bersantai sementara kami mengurus semua kebutuhan pembersihan hunian. 

Mau tau lebih lanjut tentang Luce? Yuk, kontak kami sekarang!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
Banyak Lalat di Rumah? Ini 10 Cara Ampuh Mengatasinya!
Home Cleaning
Catat, Ini Jadwal Bersih-Bersih Rumah Harian dan Mingguan Agar Selalu Bersih
Home Cleaning
10 Manfaat Membersihkan Rumah dengan Rutin
Home Cleaning
Apa Itu Deep Cleaning? Penjelasan, Manfaat, dan Cara Melakukannya
Home Cleaning
Ini Manfaat Daily Cleaning yang Wajib Kamu Ketahui!
Scroll to Top