Banyak Lalat di Rumah? Ini 10 Cara Ampuh Mengatasinya!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Salah satu hewan yang mungkin sangat tidak kamu harapkan ada di rumah adalah lalat. Lalat bisa mengganggu kenyamanan, dan juga berbahaya untuk kesehatan karena membawa  banyak bakteri yang dapat memicu penyakit, seperti tifus dan diare. 

Banyak lalat dirumah dan bingung bagaimana cara mengatasinya? Yuk, baca lebih lanjut di bawah ini untuk mendapatkan tips ampuh yang bisa kamu coba!

Kenapa Banyak Lalat di Rumah?

Bingung kenapa tiba-tiba ada banyak lalat diurmahmu, dan tidak juga hilang setelah sekian hari? Ini disebabkan, karena lalat dapat berkembang biak dengan cepat. 

Meskipun umur lalat dewasa hanya sekitar 15 hingga 30 hari, mereka dapat berkembangbiak dengan sangat cepat dan dalam jumlah yang besar. Seekor lalat betina rata-rata bisa menghasilkan 500 telur selama masa hidupnya. Inilah mengapa rumah terus-menerus didatangi lalat, dan masalah ini tidak juga selesai.

Namun selain karena tingkat pertumbuhannya yang sangat cepat, berikut ini adalah beberapa faktor lain kenapa banyak lalat di rumahmu!

Tidak Segera Membersihkan Bekas Makanan

Lalat cenderung tertarik dengan segala bekas makanan, baik yang ada di meja maupun sisa yang ada di piring kotor. Terutama yang berbahan organik dan rentan busuk, seperti bekas makanan. Jika kamu tidak segera mencuci piring setelah makan dan membiarkan sisa makanan di meja, lalat akan tertarik untuk berkumpul di sana. Oleh karena itu, segera cuci piring dan jangan biarkan sisa makanan terlalu lama ada di meja, jika tidak ingin dikerubungi lalat.

Tempat Sampah Kotor dan Tidak Tertutup dengan Baik

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lalat suka berada di tempat yang kotor dan berbau menyengat. Karena itulah tempat sampah yang kotor dan tidak tertutup dengan baik bisa menarik lalat untuk masuk ke dalam rumah. Untuk menghindari masalah ini, tutuplah tempat sampah dengan rapat dan buang isinya secara teratur. Jangan tunggu sampai penuh, untuk menghindari kedatangan lalat.

Ada yang Membusuk

Lalat sangat suka dengan sesuatu yang membusuk. Baik sampah bekas makanan, maupun bangkai hewan —adanya sesuatu yang membusuk di rumah dapat menarik lalat datang. 

Jika kamu bertanya-tanya mengapa rumah yang sebelumnya bebas lalat menjadi banyak lalat, maka kemungkinan besar ada sesuatu yang membusuk di rumahmu.

Baca Juga: Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Bangkai Tikus di Rumah

Hewan Peliharaan

Kotoran yang berasal dari hewan peliharaan juga bisa menjadi penyebab utama lalat datang. Tidak hanya kotoran, tempat makan hewan peliharaan juga bisa menjadi sarang lalat berkembang biak lho!

Terdapat Genangan Air

Sumber air yang berlebihan di sekitar rumah juga dapat menyebabkan peningkatan populasi lalat. Contohnya kolam ikan yang tidak terawat, genangan air hujan yang tidak segera dibersihkan, bahkan kebocoran air di dalam rumah. Semua itu dapat menjadi tempat yang ideal bagi lalat untuk berkembang biak!

Suhu Hangat dan Lembap

Lalat cenderung lebih menyukai suhu hangat dan kondisi lembab. Dalam suhu normal, telur lalat akan menetas menjadi larva dalam waktu 20 jam. Namun, saat suhu mencapai 32°C- 37°C, telur lalat dapat menetas hanya dalam kurang dari 8 jam!

Tidak hanya itu, telur-telur yang menetas juga membutuhkan tempat lembab agar dapat bertahan hidup dan berkembang biak. Dapur dan kamar mandi adalah beberapa contoh tempat yang yang paling rentan menjadi sarang lalat di rumah.

Bagaimana Cara Agar Tidak Banyak Lalat di Rumah?

Jaga Kebersihan Rumah

Menjaga kebersihan rumah adalah langkah penting untuk mencegah lalat berkembang biak dan memenuhi rumah. Rumah yang bersih tidak hanya membuat lingkungan lebih nyaman, tetapi juga mengurangi sumber daya yang menarik bagi lalat, seperti sisa makanan, tumpukan sampah, dan area yang lembab.

Jika kamu merasa tidak memiliki cukup waktu untuk membersihkan rumah secara rutin sendiri, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang ada Luce yang bisa membantu kamu. Luce menawarkan jasa bersih rumah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jadwal kamu. Dengan kehadiran Luce, rumahmu akan selalu bersih dan tentunya bebas dari lalat!

Bersihkan Kandang Hewan Peliharaan Secara Rutin

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, hewan peliharaan juga bisa menjadi sumber utama banyak lalat dirumah. Oleh karena itu, jika kamu memiliki hewan peliharaan, penting untuk membersihkan kandang hewan peliharaan secara teratur —minimal seminggu sekali untuk mencegah pertumbuhan lalat.

Mengelola Limbah dengan Baik dan Benar

Lalat selalu tertarik dengan hal-hal kotor yang berkaitan dengan sampah maupun limbah. Saluran pembuangan yang tersumbat, tempat sampah terbuka, dan sisa makanan bisa menjadi lokasi berkembang biaknya lalat. 

Karena itulah, cara efektif lain untuk mencegah kedatangan lalat dirumah adalah dengan menerapkan pengelolaan limbah sampah yang baik dan benar di rumah. Berikut beberapa cara untuk mengelola limbah di rumah agar tidak menarik lalat:

  • Jangan biarkan tempat sampah terlalu penuh agar tetap bisa ditutup dengan rapat.
  • Jangan biarkan sampah berada di dalam rumah semalaman. Buanglah secara teratur ke tempat sampah di luar rumah.
  • Cuci tempat sampah secara rutin dengan sabun untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang mungkin tertinggal di permukaan.

Simpan Makanan dengan Benar

Jika memiliki banyak sumber makanan di rumah, maka penting untuk menyimpannya di tempat yang tertutup seperti kulkas. Mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi lalat dapat sangat berbahaya untuk kesehatanmu. Karena itu, menyimpannya dengan benar, tidak hanya dapat membantu rumah bebas lalat —tetapi juga menjaga kesehatanmu dan keluarga.

Tutup Akses Masuk Lalat

Lalat umumnya berada di luar ruangan. Jadi jika kamu ingin rumah bebas lalat, kamu perlu untuk menutup akses lalat masuk. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghalau lalat adalah memasang jaring anti serangga di jendela atau pintu rumah.

Nyalakan Lilin

Pernah lihat restoran menyediakan lilin di meja makan? Ini bukan hanya untuk hiasan atau karena iseng belaka loh. Tetapi ini memang  dilakukan karena lalat ternyata paling takut dengan asap dan api. Karena itu jika rumahmu dikerubungi lalat, menyalakan lilin dapat menjadi cara paling cepat untuk membuat lalat pergi menjauh.

Buat Semprotan Pengusir Lalat dari  Minyak Esensial

Karena lalat cenderung tertarik pada bau busuk yang menyengat, maka sudah pasti lalat benci aroma yang harum —salah satunya yang berasal dari minyak esensial.

Terdapat beberapa aroma minyak esensial yang sangat tidak disukai lalat seperti, lavender, eucalyptus, peppermint, serai. Jadi kamu bisa memanfaat minyak esensial ini tidak hanya untuk membuat rumah wangi, tapi juga memastikannya bebas lalat. 

Untuk membuat semprotan pengusir lalat dari minyak esensial, kamu hanya perlu mengisi botol semprot dengan air bersih, dan minyak esensial. Kocok agar dua bahan ini mencampur dengan sempurna, kemudian bisa langsung digunakan deh!

Manfaatkan Kulit Jeruk

Jangan langsung membuang kulit jeruk yang baru kamu konsumsi, karena ternyata kulit jeruk bisa menjadi senjata efektif untuk mengusir lalat dirumah. Kulit jeruk memiliki aroma kuat dan segar, yang sangat dibenci lalat. Jadi ini merupakan solusi yang bisa kamu coba, jika kamu memiliki masalah rumah dikerubungi lalat.

Untuk memanfaatkan kulit jeruk, kamu hanya perlu menyiapkan wadah kecil untuk menaruh kulit jeruk. Kemudian tempatkan wadah tersebut di area rumah yang berpotensi didatangi lalat.

Menggunakan Jeruk dan Cengkeh

Irisan jeruk dan cengkeh juga dapat digunakan untuk mengusir lalat dengan ampuh. Kamu hanya perlu menempatkan cengkeh kering di atas irisan jeruk lemon. Kemudian taruh dua bahan tersebut di area yang banyak dikunjungi lalat. Kombinasi aroma jeruk dan cengkih ini dapat efektif mengusir lalat dari rumah, membuat rumah nyaman dan bebas lalat!

Jaga Suhu Ruangan

Cara terakhir yang tidak kalah efisien untuk memastikan rumah bebas lalat adalah dengan menjaga suhu ruangan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, lalat cenderung menyukai area yang lembab. Karena itu menggunakan AC dan dehumidifier bisa juga menjadi cara efektif untuk mencegah datangnya lalat!

Inilah 10 cara yang dapat dilakukan untuk memastikan rumahmu bebas lalat. Dengan mengikuti tips diatas, kamu bisa menjaga kebersihan rumah dan memastikan hama menyebalkan ini tidak akan mengganggu kenyamanan rumahmu lagi!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
Catat, Ini Jadwal Bersih-Bersih Rumah Harian dan Mingguan Agar Selalu Bersih
Home Cleaning
10 Manfaat Membersihkan Rumah dengan Rutin
Home Cleaning
Apa Itu Deep Cleaning? Penjelasan, Manfaat, dan Cara Melakukannya
Home Cleaning
Ini Manfaat Daily Cleaning yang Wajib Kamu Ketahui!
Home Cleaning
5 Jenis Sapu yang Dapat Menunjang Kebersihan Rumah
Scroll to Top