5 Jenis Sapu yang Dapat Menunjang Kebersihan Rumah

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Sapu adalah alat pembersih yang ekonomis dan paling sering digunakan untuk membersihkan ruangan. Sapu dapat membuat pembersihan seluruh bagian rumah lebih mudah, bahkan hingga ke sudut yang sulit dijangkau. Tidak salah hingga saat ini, sapu menjadi peralatan rumah tangga favorit yang sangat berguna untuk menjaga kebersihan. 

Ada beberapa jenis sapu yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan kebersihan rumah tangga. Penasaran apa saja sapu yang bisa kamu temukan? Baca penjelasan fungsi-fungsi sapu berdasarkan jenisnya di bawah ini.

5 Jenis Sapu yang Dapat Menunjang Kebersihan Rumah

Sapu Ijuk

Sapu ijuk adalah jenis sapu yang paling umum digunakan karena mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Sapu ijuk biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran di dalam rumah dan di teras. 

Sapu ijuk umumnya dibuat dari bahan ijuk yang berasal dari pohon aren. Itulah mengapa sapu ijuk cenderung sangat lentur dan tahan lama. Namun sayangnya, kotoran yang menempel pada sapu ijuk bisa sulit untuk hilang, dan ijuknya juga mudah rontok dan menyebabkan kekotoran di lantai. Itulah mengapa, di awal penggunaan, sebaiknya sapu ijuk dikibaskan terlebih dahulu agar lembaran ijuk yang longgar terlepas. Dengan adanya sapu ijuk di rumah, membersihkan rumah dari debu dan kotoran menjadi lebih mudah dilakukan setiap saat.

Sapu Lidi

Umumnya sapu lidi terdiri dari dua jenis, yaitu sapu lidi kasur dan sapu lidi halaman rumah. Perbedaannya terletak pada jenis lidi yang digunakan dan bentuk pegangannya. 

Sapu lidi yang digunakan untuk membersihkan halaman rumah memiliki lidi yang lebih tebal, kasar, dan lebih banyak. Gagang pegangan juga biasanya lebih panjang dan kokoh. Sementara itu, sapu lidi yang digunakan untuk membersihkan kasur memiliki lidi yang lebih tipis, halus, dan tidak memiliki gagang yang lebih pendek.

Sapu Plastik

Sapu plastik terbuat dari ijuk sintetis. Sapu ini sering digunakan untuk membersihkan lantai, dan sangat cocok untuk membersihkan karpet dari berbagai kotoran yang menempel. Kelebihan utama sapu plastik adalah beratnya yang ringan dan sangat mudah dibersihkan dari kotoran yang menempel. Kamu hanya perlu mencuci  dengan air bersih, lalu kotoran biasanya bisa dengan mudah luruh. Namun jika kotoran sulit hilang, kamu tidak perlu ragu untuk menyikat sapu plastik, karena ia tidak akan mudah rusak.

Sapu Jerami

Sesuai dengan namanya, sapu ini terbuat dari jerami, serat panjang yang berasal dari tanaman seperti padi atau gandung. Sapu jerami cocok untuk membersihkan material yang agak kasar, seperti lantai kayu atau batu. Seratnya yang kasar dapat mengangkat kotoran dan debu dari celah-celah lantai kayu maupun batu dengan maksimal.

Sapu dan Pengki Mini

Sapu dan pengki mini juga banyak dijual dan bisa dengan mudah ditemukan dipasaran. Peralatan kebersihan ini menjadi populer karena bentuknya yang mini membuatnya mudah disimpan dan tidak akan memakan banyak tempat. Sapu mini juga sangat efektif untuk digunakan membersihkan furniture berbahan kain, seperti sofa.

Apa Tips Agar Dapat Memilih Sapu Lantai yang Bagus?

Saat memilih sapu, tidak bisa sembarangan. Sapu yang tidak nyaman digunakan akan membuat kegiatan menyapu terasa berat. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti untuk memilih sapu yang terbaik: 

  • Perhatikan Kualitas Sapu: Pastikan membeli sapu yang terlihat kokoh dan tidak mudah rusak, agar bisa menjadi investasi untuk jangka waktu lama.
  • Perhatikan Panjang Gagang Sapu: Panjang gagang sapu harus disesuaikan dengan pengguna sehari-hari dan fungsi sapu. Jika gagang sapu terlalu panjang atau terlalu pendek, maka itu dapat mengganggu kenyamanan saat untuk membersihkan.
  • Sesuaikan Material dengan Fungsi yang Diharapkan: Pilih sapu dengan bahan material yang sesuai dengan fungsinya agar efisien dan nyaman digunakan.
  • Pertimbangkan Tempat Penyimpanannya: Sesuaikan besar sapu dengan ruang penyimpanan yang ada di rumah. Jangan sampai membeli sapu yang besar, yang tidak bisa disimpan dengan baik di rumah.

Mau Rumah Bersih, Luce Solusinya!

Agar kamu tidak perlu khawatir tentang kebersihan rumah, satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyewa jasa bersih rumah dari Luce. Luce adalah penyedia jasa kebersihan yang terdiri dari tim pembersih berpengalaman. Tim kami akan selalu siap untuk memastikan rumah tetap rapi dan bersih dengan mudah! Hubungan Luce sekarang untuk informasi lebih lanjut!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
Banyak Lalat di Rumah? Ini 10 Cara Ampuh Mengatasinya!
Home Cleaning
Catat, Ini Jadwal Bersih-Bersih Rumah Harian dan Mingguan Agar Selalu Bersih
Home Cleaning
10 Manfaat Membersihkan Rumah dengan Rutin
Home Cleaning
Apa Itu Deep Cleaning? Penjelasan, Manfaat, dan Cara Melakukannya
Home Cleaning
Ini Manfaat Daily Cleaning yang Wajib Kamu Ketahui!
Scroll to Top