Catat, Ini Jadwal Bersih-Bersih Rumah Harian dan Mingguan Agar Selalu Bersih

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Rumah adalah tempat dimana kita menghabiskan sebagian besar waktu, sehingga menjaga kebersihannya sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan. Namun, dengan kesibukan sehari-hari, sering kali sulit untuk menemukan waktu untuk membersihkan rumah. Ditambah lagi, membersihkan rumah bisa menjadi kegiatan yang sangat melelahkan, karena ada banyak sekali pekerjaan rumah tangga yang perlu dilakukan.

Namun mengabaikannya juga bukan jawaban karena bisa mengakibatkan banyak bahaya, seperti masalah kesehatan dan kerusakan properti karena rumah tidak dirawat dengan baik. Berikut ini adalah jadwal pembersihan rumah terlengkap —baik untuk harian maupun mingguan, yang bisa dijadikan acuan.

Apa Saja Jadwal Bersih-Bersih Rumah Harian?

Merapikan Tempat Tidur

Rapikan tempat tidur setiap hari untuk meningkatkan kualitas tidur. Terlebih jika kamu sering bekerja dari rumah, maka merapikan tempat tidur adalah kunci utama untuk meningkatkan produktivitas kerja setiap harinya. Kamu bisa menggunakan sapu lidi untuk memastikan tempat tidur selalu tampak rapi dan bersih.

Menyapu Lantai

Lantai rumah perlu disapu atau vacuum setiap hari untuk memastikan debu di rumah tidak menumpuk. Debu dan kotoran yang menumpuk di lantai bisa menyebar dengan mudah, dan menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu sesibuk apapun kamu, pastikan untuk memasukan kegiatan menyapu lantai rumah dalam agenda harian.

Kembalikan Barang pada Tempatnya

Selalu pastikan untuk menaruh kembali barang-barang yang ada di rumahmu ke tempatnya kembali setelah digunakan. Apalagi jika kamu memiliki anak, penting untuk mengajarkan mereka cara merapikan barang yang telah dimainkan. Ini tidak hanya membantu menjaga rumah tetap rapi, tetapi sekaligus juga mengajarkan anak-anak rasa tanggung jawab dan kebiasan baik dalam menjaga kebersihan.

Baca Juga: 9 Cara Menata Rumah Agar Rapi dan Bersih

Mencuci Piring Kotor

Segera cuci piring kotor setelah digunakan untuk menghindari penumpukan bakteri dan kuman yang dapat berkembang pada sisa makanan, menghindari bau tidak sedap di dapur, serta mencegah piring menjadi sulit dibersihkan jika kotoran mengering.

Menunda mencuci piring kotor juga dapat membuat tugas ini terasa semakin berat dan memicu rasa malas, karena tumpukan Piring kotor dapat semakin banyak dan membuat pekerjaan terasa lebih melelahkan. Untuk menghindari berbagai hal negatif ini, maka pastikan untuk selalu mencuci piring kotor setelah digunakan. Ini juga penting sekali untuk membuat area dapur terlihat lebih bersih dan rapi!

Membersihkan Area Kompor

Jika kegiatan memasak dilakukan setiap hari, maka membersihkan area kompor juga perlu dilakukan setiap hari setelah memasak. Bersihkan area kompor dari cipratan minyak atau tumbuhan bahan masakan lainnya. Kamu bisa menggunakan cairan pembersih serbaguna, atau kain yang telah dibasahi dengan air dan sabun cuci piring.

Mengelap Meja Makan dan Kabinet Dapur

Pastikan juga meja makan dan kabinet dapur untuk di lap dan dibersihkan dari sisa makanan. Baik meja makan maupun kabinet dapur sangat rentan kotor karena digunakan untuk menyiapkan makanan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk mengelap meja makan dan kabinet dapur setiap hari.

Keluarkan Sampah Dapur

Sampah dapur tidak boleh dibiarkan terlalu lama berada di dalam rumah karena dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk mengundang lalat masuk dan membuat rumah berbau tidak sedap. Untuk menjaga kebersihan dan mencegah hama masuk ke dalam rumah, sampah dapur harus dikeluarkan setiap hari.

Dengan membawa sampah dapur keluar secara rutin, kamu dapat mencegah terjadinya penumpukan kotoran yang bisa menimbulkan masalah kesehatan serta memelihara lingkungan rumah yang lebih bersih dan nyaman.

Apa Saja Jadwal Bersih-Bersih Rumah Mingguan?

Vacuum Karpet, Sofa, dan Perabot Berbulu

Rumah mudah berdebu karena berbagai hal, dan salah satunya adalah karena rumah memiliki banyak perabot berbulu. Barang berbulu memiliki serat yang cenderung menahan debu dan alergen, membuatnya sulit untuk dibersihkan sepenuhnya jika hanya menggunakan sapu biasa.

Oleh karena itu, semua barang didalam rumah yang memiliki bahan dasar bulu atau kain seperti, karpet dan sofa perlu di vacuum minimal satu minggu sekali. Ini penting untuk memastikan bahwa rumah bebas debu dan kotoran.

Mengganti Sprei Kasur

Mengganti sprei, sarung bantal, dan selimut perlu dilakukan seminggu sekali untuk meningkatkan kualitas tidur dan mencegah gangguan berbagai penyakit karena debu. Kasur merupakan salah satu perabot di rumah yang mudah berdebu karena kotoran yang ada disekeliling, serta partikel dari tubuh yang mudah menempel di kasur.

Mengelap Kaca dan Berbagai Furnitur di Rumah

Mengelap kaca dan berbagai furnitur di rumah adalah bagian penting dari pembersihan mingguan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah.

Debu dan kotoran dapat menempel pada permukaan kaca, meja, dan perabot lainnya dirumah. Jika tidak dibersihkan secara teratur, penumpukan debu ini tidak hanya dapat merusak penampilan perabot tetapi juga dapat mempengaruhi kualitas udara dirumah.

Kamu dapat menggunakan pembersih serba guna dan lap bersih, untuk mengelap semua perabot rumah setiap minggunya. Kegiatan ini akan mencegah penumpukan debu yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, meningkatkan kenyamanan, dan memastikan rumah terlihat rapi dan terawat.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh Membersihkan Kaca yang Buram

Mengepel Lantai

Jika menyapu merupakan kegiatan pembersihan rumah yang perlu dilakukan setiap hari, mengepel bisa dilakukan seminggu sekali. Ini akan membuat lantai rumah bersih dan tampak mengkilap setiap saat.

Sikat Area Kamar Mandi

Kamar mandi adalah area di rumah yang paling rentan kotor, karena itu pastikan kamu membersihkannya minimal 1 minggu sekali. Kamu bisa menggunakan sikat lantai dan pembersih khusus kamar mandi untuk membersihkan kamar mandi secara rutin, sehingga kamar mandi selalu  bersih dan bebas kuman.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kamar Mandi dengan Sitrun: Mudah dan Praktis!

Sortir dan Rapikan Makanan di dalam Kulkas

Periksa dan buang makanan dan minuman kadaluarsa dari kulkas setiap minggu. Ini akan mebantu menjaga kesehatan kamu dan keluarga, agar tidak salah dan mengkonsumsmi makann yang sudah busuk.

Membersihkan rumah dapat menjadi lebih mudah ketika kamu memiliki jadwal pembersihan yang jelas dan terperinci. Namun, jika kamu merasa tidak punya cukup waktu atau tenaga untuk membersihkan rumah sendiri, serahkan kegiatan bebersih rumah kepada Luce. Dengan bantuan tim profesional kami, kamu bisa memastikan rumah tetap bersih dan terawat tanpa harus repot. Dapatkan layanan jasa bersih rumah yang sesuai dengan kebutuhan!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
Banyak Lalat di Rumah? Ini 10 Cara Ampuh Mengatasinya!
Home Cleaning
10 Manfaat Membersihkan Rumah dengan Rutin
Home Cleaning
Apa Itu Deep Cleaning? Penjelasan, Manfaat, dan Cara Melakukannya
Home Cleaning
Ini Manfaat Daily Cleaning yang Wajib Kamu Ketahui!
Home Cleaning
5 Jenis Sapu yang Dapat Menunjang Kebersihan Rumah
Scroll to Top