12 Cara Merawat Rumah agar Tetap Bersih dan Nyaman

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Rumah adalah tempat dimana kita paling banyak menghabiskan waktu. Mulai dari untuk beristirahat, hingga menikmati waktu bersama keluarga tercinta. Karena itu merawat rumah sangat penting untuk memastikan lingkungan tetap sehat dan nyaman.

Meski penting untuk dilakukan, namun merawat rumah bisa menjadi aktivitas yang melelahkan. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan cara-cara yang tepat, agar merawat rumah dan membuatnya bersih dan nyaman terasa lebih mudah!

Apa Manfaat Merawat Rumah? 

Meski sibuk dan memiliki rutinitas harian yang padat, merawat rumah adalah kegiatan yang tidak boleh terlewat. Berikut ini adalah manfaat utama dari merawat rumah dengan baik!

Menciptakan Lingkungan yang Sehat

Merawat rumah dan menjaga kebersihannya akan membantu kamu dalam menciptakan lingkungan rumah yang sehat secara keseluruhan. Sebagai contoh, membersihkan dapur secara rutin dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan kontaminasi makanan. Begitu juga kamar mandi yang bersih dapat mencegah penyebaran kuman dan penyakit menular.

Merawat rumah dengan baik merupakan kunci untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan mengurangi resiko penyakit bagi seluruh penghuni rumah.

Mengurangi Risiko Alergi

Rumah yang tidak terawat akan rentan debu, kotoran, dan allergen. Jika tidak dibersihkan secara rutin, debu, kotoran, dan alergen yang menumpuk ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan fisik dan berdampak negatif seperti memicu munculnya alergi, asma, ataupun masalah pernapasan lainnya —terutama bagi anak-anak dan anggota keluarga yang lebih rentan. Dengan rutin merawat, kamu dapat mengurangi risiko terkena alergi, asma, dan masalah pernapasan lainnya.

Meningkatkan Kenyamanan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa rumah yang bersih dan terawat akan membuat orang yang ada didalamnya menjadi merasa lebih nyaman, producktif, dan senang menghabiskan waktu disana. Ini tentu berbanding terbalik jika rumahmu kotor dan tidak terawat. Rumah akan berantakan, bau, dan kotor —pasti kamu tidak betah lama-lama di rumahmu sendiri.

Menurunkan Tingkat Stress

Menurut riset, rumah yang kotor dan berantakan dapat menimbulkan rasa stres dan kecemasan berlebih. Kamu bisa rentan stress ketika harus mencari barang yang dibutuhkan, sedangkan kamar sangat berantakan dan tidak beraturan. Dengan merawat, merapikan, dan membersihkan rumah —maka kamu dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan mental dan emosional. 

Bagaimana Cara Mudah Merawat Rumah? 

1. Bersihkan Rumah Setiap Hari

Membersihkan setiap hari membantu menjaga rumah tetap rapi dan minim kotor. Membersihkan rumah setiap hari juga akan membuatnya terasa lebih mudah, dibandingkan harus membersihkan rumah yang sangat berantakan sekaligus. Rutinitas harian ini memastikan rumah selalu dalam kondisi yang nyaman dan tertata. Beberapa kegiatan bebersih yang bisa dilakukan setiap hari adalah merapikan tempat tidur, menyapu lantai, dan menaruh barang kembali ke tempatnya.

Jika kamu tidak punya waktu untuk membersihkan rumahmu setiap hari, kamu dapat mempercayakan kebersihan harian rumah kepada Luce. Luce menyediakan jasa bersih rumah harian yang bisa kamu dapatkan sesuai kebutuhan!

2. Simpan Barang dengan Rapi

Pastikan rumahmu memiliki tempat penyimpanan yang memadai untuk semua barang. Untuk membuat barang lebih terorganisir, kamu juga dapat menyimpannya di box atau rak —dan memberikan label masing-masing tempat sesuai kategori barang. Menyimpan barang dengan tertib adalah kunci untuk menjaga agar barang-barang mudah ditemukan, dan tidak gampang rusak.

Baca Juga: Cara Menata Rumah Agar Rapi dan Bersih

3. Bersihkan Setiap Habis Masak

Dapur adalah salah satu ruangan yang paling rentan kotor di rumah. Oleh karena itu untuk menjaga merawat rumah terutama dapur, selalu bersihkan dapur setiap habis memasak. Sediakan kain microfiber dan cairan pembersih serbaguna di dapur, sehingga kamu bisa segera membersihkan tumpahan dan remah-remah makanan yang ada.Selain itu, bersihkan juga piring setelah makan. Jangan tunda dan menumpuk piring sisa makan di bak cuci piring, karena ini akan membuat proses mencuci piring lebih sulit dan terasa berat. Pastikan setiap anggota keluarga bertanggung jawab untuk mencuci sendiri perlengkapan makan yang mereka gunakan. Dengan cara ini, dapur akan tetap bersih sepanjang hari.

4. Bersihkan Kamar Mandi Secara Berkala

Kamar mandi adalah ruangan yang paling rentan jadi tempat berkembang biak virus dan bakteri di rumah. Oleh karena itu merawat kamar mandi dengan cara membersihkannya secara berkala sangat penting untuk menjaga kesehatanmu dan keluarga.Kamar mandi bisa dengan mudah dibersihkan dengan produk yang tersedia di toko atau dengan bahan alami seperti sitrun. Jadi, jangan lupa untuk selalu menjadwalkan pembersihan kamar mandi secara rutin ya!

5. Menggunakan Alat Pembersih yang Tepat

Pastikan rumah memiliki peralatan pembersih yang sesuai untuk berbagai jenis kebutuhan. Sebagai contoh, kamu memerlukan sapu, kain pel, vacuum cleaner, lap mikrofiber, desinfektan untuk lantai, dan cairan pembersih serbaguna untuk merawat rumahmu. Alat pembersih yang tepat ini dapat membantu merawat rumah dan memudahkan proses pembersihan. Jika kamu memiliki anak dibawah umur, pastikan untuk menyimpan peralatan tersebut di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau oleh mereka ya!

6. Sediakan Tempat Sampah

Setiap harinya kita pasti memproduksi sampah rumah tangga, karena itu menyediakan tempat sampah didalam rumah penting untuk merawat kebersihan rumah. Salah satu langkah efektif untuk merawat rumah adalah dengan menyediakan tempat sampah yang berbeda untuk masing-masing kebutuhan. Sebagai contoh, kamu dapat menaruh tempat sampah khusus untuk sampah basah di dapur, menaruh beberapa tempat sampah kering untuk kamar, ruang tamu, dan berbagai ruangan lain dirumah. Jangan lupa juga untuk selalu membuang sampah keluar, dan jangan menumpuknya terlalu lama didalam rumah karena selain tidak sehat, tapi sampah yang menumpuk juga dapat mengundang serangga dan hama di dalam rumah.

7. Sapu dan Pel Lantai Setiap Hari

Sudah bukan rahasia lagi bahwa menyapu dan mengepel lantai setiap hari adalah salah satu kunci menjaga kebersihan dan merawat lantai rumah. Dua kegiatan bebersih ini juga dapat membantu mengurangi kuman, dan meningkatkan kualitas udara dalam rumah. 

8. Selalu Kembalikan Barang Pada Tempatnya

Rumah yang penuh barang dan berantakan akan selalu terlihat kotor, meskipun mungkin kamu rutin membersihkannya. Kamu akan kesulitan menemukan barang yang dibutuhkan, susah fokus karena terlalu banyak benda di sekitarmu, dan kamu bahkan juga bisa rentan celaka karena tersandung barang-barang tersebut. Untuk memastikan rumahmu tidak berantakan, selalu kembalikan barang pada tempatnya. Ini akan membuat rumahmu tidak hanya bersih, tapi juga rapi dan tertata.

9. Mulai Hari dengan Merapikan Tempat Tidur

Sesibuk apapun kamu, jangan lupa untuk selalu merapikan tempat tidur setelah bangun. Merapikan tempat tidur setiap pagi adalah langkah awal yang penting dilakukan untuk meningkatkan semangat dan memastikan rumah bersih dan kamar yang terawat. Jangan ditunda ya, karena menunda membersihkan kasur bisa membuat semakin malas melakukannya!

10. Pastikan Rumah Memiliki Ventilasi yang Baik

Ventilasi buruk dapat menyebabkan berkembangnya jamur di rumah, dan bahkan merusak bagian rumah. Ventilasi membantu pertukaran udara segar di dalam ruangan, serta mencegah kerusakan struktural pada bangunan rumah.Oleh karena itu untuk merawat rumah, pastikan rumah memiliki ventilasi yang baik. Buka jendela dan pintu secara rutin untuk membantu udara segar masuk ke rumah —dan jika menggunakan  AC, jangan lupa untuk bersihkan atau ganti filter secara berkala.

11. Jangan Menumpuk Baju Kotor

Jangan biarkan baju kotor menumpuk, jika keranjang baju kotor penuh maka sebaiknya baju segera dicuci. Menunda mencuci baju tidak hanya bisa membuat pakaian menumpuk dan lebih malas mengerjakannya, tapi juga bisa membuat baju berjamur lho!

Baca Juga: Cara Mencuci Baju dengan Sitrun di Mesin Cuci: Praktis dan Efektif!

12. Jangan Bawa Masuk Sepatu dan Sandal ke Dalam Rumah

Hindari membawa alas kaki ke dalam rumah untuk mengurangi debu dan kotoran yang masuk. Sepatu membawa kotoran dari luar, sehingga untuk merawat lantai dan kebersihan, jangan biarkan sepatu masuk kedalam. Sediakan rak sepatu di dekat pintu, agar alas kaki bisa segera dicopot sebelum masuk kedalam ruangan.Dengan meminimalisir kotoran yang dapat masuk kedalam ruangan, kamu dapat menjaga kebersihan, kesehatan, dan kenyamanan rumah dengan lebih mudah.

Mau Rumah Selalu Bersih dan Nyaman? Luce Solusinya!

Gak mau repot membersihkan rumah sendiri? Tidak perlu khawatir lagi, karena Luce ada untuk membantu kamu. Kamu bisa menggunakan jasa general cleaning Luce agar rumah selalu bersih dan nyaman, tanpa perlu repot-repot lagi!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
8 Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
Mau Rice Cooker Bersih? Ikuti 6 Cara Ampuh Membersihkan Magic Com Bagian Dalam Ini
Home Cleaning
8 Cara Menyapu yang Benar Agar Rumah Jadi Bersih
Home Cleaning
Ikuti 5 Cara Membersihkan Tembok yang Kotor Ini, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
7 Cara Jitu Membersihkan Lantai yang Lengket dan Kotor
Scroll to Top