9 Cara Efektif Menghilangkan Debu di Kamar

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Kamar tidur adalah tempat beristirahat, bekerja, dan bersantai. Salah satu tempat paling banyak digunakan untuk menghabiskan waktu saat di rumah. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan kamar, agar tidur menjadi lebih nyenyak dan suasana menjadi lebih nyaman. 

Namun sayangnya, debu adalah salah satu isu yang paling sering muncul di kamar. Debu bisa mudah menumpuk di kamar, baik dari saluran udara maupun dari tubuh kita sendiri. Mengatasinya memang tidak mudah, namun bisa dilakukan dengan beberapa cara efektif yang sudah kita kumpulkan dibawah ini!

Jaga Kebersihan Kasur

Banyaknya debu di kamar salah satunya sering berasal dari sel kulit mati yang ada di tubuh. Karena itu untuk menjaga kebersihan kamar, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kebersihan tempat tidur.

Mencuci seprai secara rutin dapat membantu mengurangi jumlah debu di kamar, dan sekaligus juga mempengaruhi kualitas tidur lho! Berikut beberapa cara untuk membersihkan serta mencegah kasur jadi berdebu:

  • Cuci seprai, sarung bantal, sarung guling, dan selimut minimal seminggu sekali dengan air panas sekitar 54ºC.
  • Bersihkan permukaan tempat tidur dengan sapu lidi atau vacuum cleaner setiap hari.
  • Lakukan deep clean kasur setidaknya dua kali setahun.
  • Pertimbangkan menggunakan sarung bantal, guling, dan seprai yang tahan terhadap kutu kasur dan debu.

Hindari Menyimpan Terlalu Banyak Barang di Kamar

Cara lain untuk mencegah kamar dari penumpukan debu adalah dengan menghindari menumpuk barang-barang yang tidak diperlukan. Jangan meletakkan terlalu banyak dekorasi atau membiarkan barang-barang berserakan di kamar.Secara berkala, lakukan juga decluttering untuk emnyimgkirkan barang yang mungkin sudah lagi tidak kamu gunakan atau perlukan. 

Perlu diingat, semakin banyak benda yang ada, semakin cepat pula kamarmu kembali berdebu meskipun sudah dibersihkan secara rutin. 

Bersihkan Secara Rutin dengan Kain Basah

Banyak yang membersihkan debu dari kamar hanya dengan kain kering atau kemoceng. Meski ini adalah langkah awal yang baik, namun untuk benar-benar menghilangkan debu dari semua permukaan rumah — kamu juga perlu membersihkan secara rutin dengan kain basah. 

Bersihkan setiap permukaan di kamar tidur seminggu sekali menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air ataupun cairan pembersih serbaguna untuk memastikan kamar bebas debu. Bersihan semua perabot, dekorasi, dan bahkan ambang jendela kamar.

Rajin Menyapu dan Mengepel Lantai Kamar

Menyapu dan mengepel kamar juga dapat membantu mengurangi serta mencegah penumpukan debu di kamar. Sapu adalah langkah pertama untuk membersihkan lantai kamar, baru kemudian lanjutkan dengan menggunakan pel basah. Jangan lupa untuk memperhatikan celah-celah seperti di bawah kasur dan lemari. 

Selalu Bersihkan Karpet

Kamar akan terkesan lebih nyaman saat ada karpet, namun karpet adalah salah satu perabot yang paling mudah menyimpan debu. Oleh karena itu, jika kamu menggunakan karpet untuk kamar pastikan untuk rajin membersihkan karpet dengan cara di-vacuum secara rutin.

Kurangi Penggunaan Perabot Bahan Beludru

Sama seperti karpet, perabot berbahan beludru juga cenderung menarik debu. Karena itu, baiknya untuk tidak memilih perabot dengan bahan beludru untuk menghindari debu di kamar. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan perabot atau dekorasi kamar yang terbuat dari bahan kulit atau kayu.

Gunkan Air Purifier

Memasang air purifier merupakan salah satu solusi efektif untuk menjaga kualitas udara dan memastikan kamar bebas debu. Tidak hanya itu, air purifier juga dapat mengatasi bau tidak sedap yang ada di dalam kamar. Karena itu membeli air purifier bisa menjadi investasi yang tepat untuk kamarmu!

Tutup Jendela Kamar

Ventilasi udara didalam rumah memang penting, namun sebaiknya untuk kamar kamu tidak perlu membuat jendela terlalu lama atau sering. Membuka jendela kamar terlalu lama bisa menyebabkan polusi udara masuk dan membuat debu cepat menumpuk.

Buka jendela hanya selama 10 menit setiap pagi untuk pertukaran udara, lalu tutup kembali agar polusi dari luar tidak masuk kedalam kamarmu.

Membersihkan AC Secara Rutin

Langkah terakhir yang perlu dilakukan untuk mengatasi debu di kamar adalah dengan membersihkan AC secara rutin. Jika kamarmu memiliki AC, Penting untuk secara rutin membersihkan filternya karena debu cenderung menumpuk di celah filter AC. AC yang kotor dapat mengakibatkan udara yang dihasilkan kotor, sehingga berpotensi mengganggu kesehatan. 

Untuk membersihkan filter AC, kamu bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti panduan masing-masing AC, ataupun dengan bantuan  teknisi profesional.

Mau Rumah Bebas Debu? Luce Solusinya!

Rumah yang berdebu tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan dan bahkan bisa membawa bahaya untuk kesehatan seluruh penghuni rumah. Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah dan kamar sangatlah penting. 

Jika kamu tidak punya waktu untuk membersihkan rumah sendiri, mengapa tidak menggunakan jasa bersih rumah Luce? Luce menyediakan jasa pembersihan rumah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan waktu kamu. Sekarang memiliki rumah bersih, sehat, dan bebas debu — gak perlu repot lagi!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
8 Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
Mau Rice Cooker Bersih? Ikuti 6 Cara Ampuh Membersihkan Magic Com Bagian Dalam Ini
Home Cleaning
12 Cara Merawat Rumah agar Tetap Bersih dan Nyaman
Home Cleaning
8 Cara Menyapu yang Benar Agar Rumah Jadi Bersih
Home Cleaning
Ikuti 5 Cara Membersihkan Tembok yang Kotor Ini, Dijamin Ampuh!
Scroll to Top