7 Tips Menghilangkan Noda Cat di Lantai, Dijamin Ampuh!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Baru saja renovasi rumah dan ada bekas cat di lantai keramik? Ini merupakan suatu masalah yang sering kali muncul dan sulit dihindari. Membersihkannnya juga tidak semudah membersihkan kotoran biasa karena jika noda cat menempel pada lantai keramik dan kering, akan sulit untuk membersihkannya. 

Tapi sekarang tidak perlu khawatir lagi, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi noda cat di lantai!

Thinner

Untuk membersihkan cat yang menempel di lantai, thinner seringkali menjadi solusi utama yang dikenal sangat efektif. Penggunaannya juga sederhana, kamu hanya perlu menyiapkan botol semprot, cairan thinner, sikat penggosok, dan kain. Thinner dimasukkan ke dalam botol semprot, kemudian disemprotkan ke noda cat. Setelah cat melunak, segera bersihkan dengan sikat atau kain hingga lantai kembali bersih.

Plastic Scraper

Untuk lantai keramik, perlu berhati-hati dalam memilih metode agar permukaannya yang halus tidak tergores. Salah satu cara yang aman adalah dengan menggunakan plastic scraper. Basahi terlebih dahulu noda cat, lalu dorong plastic scraper dengan sudut 45 derajat sambil sedikit ditekan. Setelah cat terangkat, bersihkan lantai menggunakan cairan pembersih dan kain pel.

Amplas Lantai

Jika noda cat cukup tebal, amplas adalah kunci utama untuk menghilangkannya. Mulailah dengan menyemprotkan air pada noda cat untuk memudahkan proses pengamplasan. Gosok perlahan menggunakan amplas yang tidak terlalu kasar agar tidak merusak lantai. Pastikan lantai tetap basah selama proses ini untuk menghindari baret pada lantai. Selesaikan dengan pembersihan akhir yaitu mengepel dengan cairan pembersih lantai dan kain pel.

Paint Remover

Untuk membersihkan cat yang sulit hilang di lantai, paint remover juga bisa menjadi solusi yang sangat efektif! Langkah-langkah yang harus diikuti meliputi memastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik karena bau menyengat dari bahan ini, menyiapkan kuas, sikat, kain lap, cairan paint remover, dan wadah. 

Gunakan kuas untuk mengaplikasikan cairan ke noda cat dan biarkan cat melunak. Kemudian, untuk memudahkan dan memaksimalkan pembersihan, gunakan plastic scraper untuk mengangkat sisa cat.

Cuka

Jika kamu lebih memilih alternatif alami untuk membersihkan rumah, cuka bisa digunakan sebagai pengganti bahan komersial. 

Campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian didihkan larutan tersebut. Oleskan larutan cuka panas ke kain bersih dan letakkan di atas noda cat pada lantai bersih.

Cuka panas akan melunakkan cat, sehingga bisa dengan mudah dihilangkan menggunakan sikat. Ulangi proses ini pada ubin lain yang terkena cat, sambil menjaga agar larutan tetap panas. Terakhir, bilas ubin dari sisa cuka dengan mengepel menggunakan air hangat.

Hair Spray

Banyak yang tidak tau, tapi selain untuk rambut, hairspray juga bisa dimanfaatkan dalam keperluan rumah tangga, seperti mengatasi sisa cat di lantai lho! Untuk menggunakannya pun juga cukup mudah, kamu hanya perlu menyemprotkan hair spray pada noda cat di keramik. 

Tekstur lengket hair spray yang mengering memudahkan penghapusan noda saat digosok. Setelah menyemprotkan hair spray, tunggu beberapa detik hingga mengering, lalu bersihkan dengan kain lap bersih. Untuk menghindari lengket, bilas lantai dengan air hangat setelah noda terangkat.

Jeruk Nipis

Cara alami lain yang bisa digunakan untuk membersihkan cat adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Kandungan asam pada jeruk nipis efektif merontokkan noda membandel, termasuk noda cat di lantai. Namun, hati-hati saat menggunakan jeruk nipis pada keramik, karena terlalu sering menggunakannya bisa merusak permukaan lantai. 

Tips Icon

Tips: Tidak hanya bekas cat, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengatasi bekas noda semen lho!

Luce: Solusi Rumah Bersih!

Memastikan lantai rumah bersih dan bebas dari bekas cat bukan hanya soal kebersihan, tetapi juga penting untuk menjaga nilai estetika rumah. Lantai yang bersih dan terawat memberikan kesan rapi, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan serta mempercantik tampilan rumah secara keseluruhan. 

Untuk menjaga penampilan dan estetika rumah, percayakan perawatan kebersihan kepada para profesional. Gunakan jasa membersihkan rumah Luce untuk merawat rumah secara menyeluruh, termasuk membersihkan noda-noda membandel seperti cat di lantai. 

Dengan Luce, rumah akan selalu terlihat bersih, dan terawat!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
9 Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing yang Menyengat
Home Cleaning
10 Cara Membersihkan Rumah Agar Selalu Bersih dan Rapi
Home Cleaning
9 Cara Membersihkan Kompor Gas yang Kotor dan Berkerak
Home Cleaning
7 Cara Membersihkan Lantai Granit Supaya Bebas Kusam
Home Cleaning
11 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi, Dijamin Ampuh!
Scroll to Top