8 Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap, Dijamin Ampuh!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

WC atau toilet merupakan area paling rentan kotor dan berbau karena kegunaan dan intensitas pemakaian. Saat toilet bau, tentunya ini akan membuat kamu dan keluarga merasa tidak nyaman dan enggan menggunakannya. Tidak hanya itu, bau menyengat toilet juga dapat menyebar ke area rumah yang lain sehingga menarik lalat dan hama datang.

Untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan rumah, penting untuk selalu memastikan kebersihan toilet dan menghindari bau. Yuk cek kenapa toilet rentan bau dan apa yang bisa dilakukan untuk memastikan toilet bersih!

Kenapa WC Mengeluarkan Bau Tidak Sedap?

  • Penumpukan Jamur di Tepi Kloset: Jika kamu sudah rutin membersihkan toilet namun bau masih muncul, mungkin bau tajam di kamar mandi itu disebabkan oleh penumpukan jamur di tepi kloset. Area ini rawan sekali terlewat saat proses pembersihan, membuat jamur mungkin menumpuk dan kemudian menghasilkan bau menyengat.
  • Saluran Kloset Tersumbat: Saluran pembuangan kloset kadang bisa tersumbat secara mendadak. Ketika ini terjadi, maka kloset akan butuh waktu lebih lama untuk mengalirkan air dan mengisi ulang tangki, menyebabkan penurunan tingkat air. Jika tangki kloset kurang terisi, bau gas saluran pembuangan cenderung akan terdorong lagi untuk masuk ke kamar mandi. Sehingga sebanyak apapun kamu menyiram kloset dengan air, bau tidak sedap dari lubang toilet akan terus tercium.
  • Mangkuk Kloset Retak: Retakan pada mangkuk kloset dapat menyebabkan kebocoran air. Hal ini bisa mengakibatkan tingkat air di mangkuk kloset lebih rendah dari seharusnya, sehingga gas saluran pembuangan yang berbau busuk dapat masuk dari pipa.  
  • Pipa Ventilasi Dirancang dengan Buruk: Jika mencium bau telur busuk dari dalam toilet, ini pertanda ada masalah dengan pipa ventilasi. Pipa ventilasi berfungsi untuk mengalirkan gas saluran pembuangan ke luar rumah dan membawa udara segar kembali ke dalam rumah. Namun, jika pipa ventilasi dirumahmu tersumbat atau terpasang dengan buruk, maka bau busuk bisa terjebak didalam rumah.
  • Pertumbuhan Bakteri: Cuaca panas dan lembab bisa mengakibatkan bakteri berkembang di pipa kloset. Bakteri ini dapat menyebabkan bau busuk di kamar mandi, serta juga mengancam kesehatan kamu dan keluarga jika dibiarkan. Untuk membunuh bakteri yang ada pada pipa kloset, kamu bisa menuangkan secangkir pemutih ke dalam pipa luapan (overflow pipe).

Bagaimana Cara Mengatasi WC yang Mengeluarkan Bau?

Bersihkan Toilet Secara Rutin

Membersihkan toilet secara rutin sangat penting untuk mencegah bau tak sedap yang bisa mengganggu kenyamanan di rumah. Kotoran, residu sabun, dan kelembaban yang terus-menerus di toilet menciptakan lingkungan ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur, yang dapat menyebabkan bau tidak menyenangkan. 

Jika toilet tidak dibersihkan secara teratur, sisa-sisa ini dapat menumpuk dan memperburuk bau yang timbul dari sistem pembuangan. Selain itu, penumpukan kotoran di area yang sulit dijangkau, seperti di bawah tepi kloset atau di dalam pipa juga sering kali menjadi sumber bau yang tidak sedap. 

Dengan membersihkan kamar mandi dengan rutin, kamu dapat menghilangkan kotoran dan residu yang berpotensi menyebabkan bau, serta memastikan bahwa sistem pembuangan berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Cara Ampuh untuk Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Sitrun & Sunlight

Menjaga Toilet Selalu Kering

Kamar mandi yang lembab pada bagian lantai dan dinding bisa menyebabkan bau tidak sedap muncul dan sulit hilang. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga toilet selalu kering, adalah:

  • Membuka pintu atau ventilasi lain yang ada di dalam kamar mandi
  • Selalu lap area lantai toilet hingga kering setelah digunakan
  • Pasang exhaust fan di dalam kamar mandi

Pasang Aroma Terapi di Dalam Toilet

Salah satu cara efektif lainnya untuk mengatasi bau tidak sedap di toilet adalah dengan menggunakan aroma terapi. Kamu bisa menggunakan lilin aroma terapi, reed diffuser, atau automatic spray untuk mengatasi bau di dalam kamar mandi dengan efektif dan praktis!

Mengoleskan Minyak Esensial dalam Gulungan Tisu

Minyak esensial juga dapat digunakan untuk mengatasi bau di toilet dengan efektif. Cara menggunakannya pun juga sangat mudah! Kamu hanya perlu meneteskan beberapa tetes minyak esensial kedalam gulungan tisu. Letakkan tisu ini di dekat toilet, dijamin aroma wangi dari minyak esensial akan membantu menetralkan bau tidak sedap didalam kamar mandi.

Gunakan minyak esensial dengan aroma seperti lemon, atau peppermint untuk menutupi aroma tidak sedap di kamar mandi dengan lebih maksimal. Ini adalah metode mudah dan ekonomis untuk menjaga kamar mandi tetap segar dan harum.

Taburkan Baking Soda

Baking soda adalah bahan dapur yang cocok sekali digunakan untuk menghilangkan bau toilet. Untuk menggunakan baking soda juga sangat mudah. Kamu hanya tinggal menaburkannya langsung ke dalam lubang toilet dan sekeliling area toilet. Praktis-kan?

Gunakan Cuka

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi bau pada toilet adalah dengan menggunakan cuka. Cuka sangat efektif untuk menghilangkan bau yang disebabkan oleh bakteri. Kamu bisa menggunakan cuka dengan cara menuangkannya secara langsung ke permukaan bagian dalam toilet, lalu  flush untuk memastikan cuka menyebar dengan baik. 

Kamu juga bisa menyiramkan cuka ke area lain seperti dinding, lantai, dan wastafel. Cuka akan membantu menetralkan bau di toilet dengan cepat.

Atasi dengan Bubuk Arang

Bubuk arang aktif adalah solusi lain yang efektif untuk mengatasi bau tidak sedap di kamar mandi. Ini dikarenakan arang aktif memiliki kemampuan untuk menyerap segala jenis bau yang tidak diinginkan.

Kamu hanya perlu menaburkan bubuk arang aktif ke dalam toilet dan biarkan semalaman. Setelah itu, bilas toilet dengan air untuk membersihkan sisa bubuk arang. Ini adalah cara yang alami dan efisien untuk menghilangkan bau pada toilet.

Mikroba Probiotik

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan dan tidak ada yang bisa membantu mengatasi bau m yang ada di kamar mandi, maka langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah dengan menggunakan produk kimia bermikroba. Ini dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasi bau tanpa perlu sedot WC.

Untuk menggunakan mikroba probiotik, kamu cukup tuangkan satu botol cairan ke dalam toilet, kemudian siram dengan cukup air agar larutan mencapai septic tank. Mikroba probiotik akan membantu septic tank untuk membersihkan dirinya secara alami.  Perlu diingat, jangan gunakan toilet selama 5 hingga 6 jam setelah disiram dengan mikroba probiotik untuk memaksimalkan pembersihan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Air Sumur: Ampuh dan Efektif!

Pastikan Rumah Bebas Bau dengan Bantuan Luce!

Luce adalah penyedia layanan jasa bersih rumah yang berdedikasi untuk memberikan layanan kebersihan terbaik untuk masyarakat Indonesia. Dengan tim profesional kami yang terlatih, kamu bisa mendapatkan pelayanan kebersihan terbaik sehingga seluruh anggota keluarga dapat menikmati lingkungan yang bersih, aman, dan nyaman.

Jaga kebersihan rumah, termasuk kamar mandi agar selalu dalam kondisi prima dengan bantuan Luce! Kunjungi https://www.luce.id/services/jasa-bersih-rumah.

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
Mau Rice Cooker Bersih? Ikuti 6 Cara Ampuh Membersihkan Magic Com Bagian Dalam Ini
Home Cleaning
12 Cara Merawat Rumah agar Tetap Bersih dan Nyaman
Home Cleaning
8 Cara Menyapu yang Benar Agar Rumah Jadi Bersih
Home Cleaning
Ikuti 5 Cara Membersihkan Tembok yang Kotor Ini, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
7 Cara Jitu Membersihkan Lantai yang Lengket dan Kotor
Scroll to Top