Ampuh dan Efektif, Ini 6 Cara Menghilangkan Bau Kencing Tikus

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Tikus bisa kencing di berbagai tempat di rumahmu. Bau kencing tikus memiliki aroma tajam yang sangat menyengat. Bau ini juga bisa bertahan lama, dan dapat menyebar ke seluruh ruangan — sehingga sulit untuk tau dimana area tepatnya tikus kencing di rumahmu. 

Tidak hanya baunya yang mengganggu, air kencing tikus juga bisa sangat berbahaya karena dapat menjadi sumber penyakit seperti Leptospirosis atau yang dikenal juga sebagai demam tujuh hari. Oleh karena itu membersihkan dan menemukan cara menghilangkan bau kencing tikus sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Kencing Tikus? 

Bersihkan dengan Sabun Cuci Piring

Langkah pertama untuk menghilangkan bau kencing tikus adalah menemukan area utama yang dikencingi oleh tikus. Bersihkan area tersebut dengan lap basah yang telah dicampur dengan sabun cuci piring. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan menggunakan lap bersih. 

Saat melakukan pembersihan, jangan lupa untuk memakai sarung tangan, masker, dan kacamata pelindung untuk mencegah kontak langsung dengan urin atau partikel udara yang terkontaminasi. 

Kencing tikus dapat mengandung patogen berbahaya seperti virus, bakteri, dan parasit yang dapat menyebabkan penyakit serius. Penggunaan pengaman ini mengurangi risiko infeksi dan membantu memastikan pembersihan dilakukan dengan aman dan efektif.

Semprotkan Campuran Cuka dan Air

Campuran cuka dan air juga dapat menjadi cara menghilangkan bau kencing tikus yang tidak kalah efektif. Untuk membuatnya, campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Jika kamu tidak hanya ingin menghilangkan bau, tetapi juga menambahkan aroma wangi di dalam rumah, kamu bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial beraroma segar seperti lemon ke dalam campuran. Kocok semua hingga merata, kemudian semprotkan pada area yang terkena kencing tikus.

Menggunakan Baking Soda

Sudah bukan rahasia lagi bahwa baking soda adalah salah satu bahan dapur yang ampuh menjadi pembersih segala jenis kotoran, termasuk menghilangkan bau kencing tikus. Untuk menghilangkan bau kencing tikus yang sangat kencang, kamu bisa menggosokkan baking soda pada area yang sebelumnya sudah disemprot dengan campuran cuka. Baking soda dapat membantu menyerap bau pada area yang terkena kencing tikus.

Baca Juga: Cara Membersihkan Barang yang Terkena Kotoran Tikus

Oleskan Air Lemon

Air lemon memiliki sifat asam yang sangat efektif untuk menghilangkan bau kencing tikus. Sifat asam mampu menetralkan senyawa basa dalam urine, yang merupakan penyebab utama bau tidak sedap karena kencing tikus. Selain itu, sifat antimikroba alami dari asam juga membantu membunuh bakteri yang berkontribusi pada pembentukan bau akibat kencing tikus.

Untuk menggunakan air lemon sangatlah mudah, kamu hanya perlu memeras lemon hingga air keluar. Kemudian oleskan air lemon tersebut pada area yang terkena kencing tikus. Biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan dengan kain bersih. Dijamin sifat asam dari air lemon dapat mengurangi intensitas bau bekas air kencing tikus, dan bahkan benar-benar menghilangkannya!

Semprot dengan Minyak Esensial

Minyak esensial memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah untuk mengatasi bau akibat kencing tikus. Minyak esensial dengan bau seperti peppermint atau lemon, dapat membantu mengatasi bau dan bahkan memberikan aroma segar di dalam ruangan. Campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan air, lalu semprotkan pada area yang terkena kencing tikus.

Gunakan Pembersih Berbasis Enzim

Cara menghilangkan bau kencing tikus selanjutnya adalah dengan menggunakan pembersih enzim. Pembersih berbahan enzim dapat memecah molekul protein dan residu dalam urin tikus dengan efektif. Tidak hanya sangat efektif untuk menghilangkan bau, menggunakan bahan ini juga sangat aman karena bebas dari bahan kimia sehingga cocok untuk kamu yang memiliki anak kecil maupun hewan peliharaan. 

Luce Solusi Rumah Bersih Agar Bebas Tikus!

Kebersihan rumah adalah kunci utama mencegah tikus masuk dan bersarang didalamnya. Jika kamu ingin rumah selalu bersih, dan bebas bau akibat kencing tikus — maka penting untuk selalu menjaga kebersihannya.

Untuk menjaga rumah bersih dan bebas dari tikus, Luce hadir untuk membantu! Luce menyediakan jasa pembersih rumah profesional untuk solusi kebersihan rumah. Dengan tim yang terlatih, luce dapat memastikan setiap sudut rumah bersih dan higienis. Jangan biarkan tikus menjadi masalah di rumah, hubungi Luce sekarang dan nikmati rumah yang bersih tanpa perlu repot!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
8 Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
Mau Rice Cooker Bersih? Ikuti 6 Cara Ampuh Membersihkan Magic Com Bagian Dalam Ini
Home Cleaning
12 Cara Merawat Rumah agar Tetap Bersih dan Nyaman
Home Cleaning
8 Cara Menyapu yang Benar Agar Rumah Jadi Bersih
Home Cleaning
Ikuti 5 Cara Membersihkan Tembok yang Kotor Ini, Dijamin Ampuh!
Scroll to Top