9 Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing yang Menyengat

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Bagi sebagian orang memelihara hewan peliharaan seperti kucing bisa membawa kebahagiaan. Namun saat kucing kencing sembarangan, urinnya dapat menyebabkan bau yang menyengat dan sulit hilang. Karena itu, penting untuk mengetahui cara menangani masalah ini. Yuk, simak cara ampuh yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau kencing kucing!

Cuka

Cuka merupakan pembersih alami yang dapat membantu menetralisir bau kencing kucing. Sifat asam pada cuka efektif untuk menetralkan alkali yang terbentuk pada noda urin yang sudah mengering, sehingga baunya bisa hilang dengan sempurna.

Untuk menggunakan cuka, kamu hanya perlu mencampurkan cuka putih dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan ke area yang terkena bau. Diamkan beberapa menit sebelum membersihkannya dengan kain bersih.

Baking Soda

Sudah bukan rahasia lagi bahwa baking soda adalah penyerap bau alami yang sangat efektif. Baking soda ampuh digunakan untuk mengatasi segala jenis bau, mulai dari urin tikus hingga bau kencing kucing.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya tingga menaburkan baking soda di area yang terkena bau dan biarkan semalaman, kemudian sapu atau vacuum setelahnya.

Sabun Cair

Sabun cair juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kencing kucing. Kamu hanya perlu mencampur sabun cair dengan air, gunakan spons basah untuk membersihkan area yang terkena, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan kembali. Pastikan area tersebut benar-benar bersih dan kering, untuk menghindari bau apek. 

Bubuk Kopi

Sama seperti baking soda, kopi dikenal mampu menyerap bau tidak sedap. Taburkan bubuk kopi secara merata di area yang terkena kencing kucing, biarkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan dengan menyapu atau menyedot dengan vakum cleaner. Selain menyerap bau, bubuk kopi juga bisa memberi aroma yang segar untuk menambah kenyamanan di rumah. Jadi sangat cocok dijadikan pengharum ruangan dari bahan natural!

Perasan Lemon

Lemon memiliki bahan dasar asam yang berfungsi sebagai antimikroba serta penyegar alami. Campurkan perasan lemon dengan air dalam botol semprot. Semprotkan cairan lemon ke area yang terkena kencing kucing, biarkan beberapa menit sebelum kembali di lap dengan kain bersih.

Campuran Perasan Jeruk Nipis dan Soda Kue

Untuk hasil maksimal, gunakan campuran perasan jeruk nipis dengan baking soda. Oleskan campuran ini pada area yang bau dan biarkan beberapa menit. Lalu bersihkan dengan kain basah untuk menghilangkan sisa residu jeruk nipis dan soda kue yang mungkin tersisa.

Minyak Esensial

Minyak esensial seperti lavender atau kayu manis memiliki aroma yang menyegarkan dan juga memiliki sifat antibakteri serta antijamur. Sehingga sangat tepat digunakan untuk menghilangkan bau kencing kucing. Campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan ke area yang berbau.

Gunakan Pembersih Khusus 

Jika tidak terlalu percaya dengan penggunaan bahan alami untuk mengatasi bekas kencing kucing dirumah, maka mungkin menggunakan pembersih khusus adalah pilihan yang tepat.

Ada banyak produk pembersih khusus yang telah diformulasikan untuk mengatasi bau kencing kucing. Pilih produk yang mengandung enzim, karena enzim bisa memecah protein dalam urin yang menyebabkan bau tidak sedap.

Campuran Hidrogen Peroksida, Baking Soda, dan Sabun Cuci Piring

Cara efektif lain untuk menghilangkan bau serta kuman dari bekas kencing kucing adalah dengan menggunakan campuran pembersih yang terbuat dari hidrogen peroksida, baking soda, dan sabun cuci.

Untuk membuat cairan pembersih dengan bahan ini, kamu hanya tinggal mencampurkan hidrogen peroksida dengan beberapa tetes sabun cuci piring dalam botol semprot. Semprotkan campuran tersebut pada area yang terkena kencing kucing, tekan perlahan dengan kain atau tisu untuk menyerap urine. Setelah itu, taburkan baking soda di area tersebut dan biarkan mengering. Jika perlu, ulangi taburan baking soda dan biarkan beberapa menit sebelum membersihkannya dengan vakum.

Tapi perlu diingat, lakukan uji coba pada area kecil terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan pembersih dengan hidrogen peroksida pada perabot berbahan kain. Ini karena hidrogen peroksida berbahan dasar cukup keras, dan bisa memudarkan warna pada perabot berbahan kain.

Jaga Kebersihan Rumah dengan Luce!

Memiliki hewan peliharaan, seperti kucing, mengharuskan kamu untuk memberikan perhatian lebih besar untuk menjaga kebersihan rumah. Kucing yang kencing di luar kotak pasir bisa meninggalkan noda dan bau yang mengganggu, serta kotoran lainnya yang memerlukan perawatan rutin. Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah sangatlah penting agar lingkungan tetap nyaman dan sehat.

Jika kamu membutuhkan bantuan untuk membersihkan rumah dari kotoran dan bau, gunakan jasa pembersih rumah profesional dari Luce! Tim kami siap membantu memastikan rumahmu tetap bersih, nyaman, dan bebas dari bau

Rasakan perbedaan Luce!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
10 Cara Membersihkan Rumah Agar Selalu Bersih dan Rapi
Home Cleaning
9 Cara Membersihkan Kompor Gas yang Kotor dan Berkerak
Home Cleaning
7 Cara Membersihkan Lantai Granit Supaya Bebas Kusam
Home Cleaning
7 Tips Menghilangkan Noda Cat di Lantai, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
11 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi, Dijamin Ampuh!
Scroll to Top