8 Cara Menghilangkan Bau Air Sumur: Ampuh dan Efektif!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Menggunakan air sumur untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari adalah opsi ekonomis yang bisa dipertimbangkan. Namun sayangnya, air sumur tidak selalu dapat diandalkan karena air sumur sering bau dan keruh akibat berbagai faktor.

Menggunakan air sumur yang keruh tentu bisa menjadi sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti gatal-gatal, dan diare. Jika kamu berencana menggunakan sumur atau mungkin sudah memiliki sumur dan sering mengalami masalah ini, baca lebih lanjut untuk mengetahui apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau pada air sumur.

8 Cara Menghilangkan Bau Pada Air Sumur

Tawas

Tawas mungkin dikenal sebagai bahan yang efektif digunakan untuk menghilangkan bau badan, namun tidak hanya itu, tawas juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada air sumur. Tawas mudah ditemukan di berbagai toko, dan sangat praktis digunakan. Kamu bisa mengikuti cara dibawah ini untuk menggunakannya pada sumur air:

  • Siapkan 1 kg tawas dan haluskan.
  • Masukkan tawas ke dalam wadah yang berisi air (perbandingan 1 kg tawas untuk 1000 liter air).
  • Setelah diaduk hingga merata, selanjutnya masukkan campuran air tawas ini kedalam sumur.

Kaporit

Bahan kimia yang aman digunakan untuk menghilangkan bau pada sumur adalah kaporit. Kaporit bisa mengatasi bakteri yang menjadi penyebab bau pada sumur. Berikut langkah yang bisa dilakukan untuk menggunakan kaporit:

  • Larutkan 1/4 sendok kaporit ke dalam ember berisi air.
  • Aduk hingga merata, kemudian masukan campuran ke dalam sumur.
  • Air sumur baru bisa digunakan kembali setelah minimal 30 menit pasca larutan kaporit dimasukkan kedalam sumur.

Garam

Kamu juga bisa menggunakan bahan yang sangat mudah ditemukan di rumah yaitu garam, untuk mengatasi bau tak sedap pada air sumur. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan setengah bungkus garam ke dalam ember yang berisi air penuh.
  • Aduk hingga garam larut kedalam air.
  • Tuangkan larutan garam ke dalam sumur, dan biarkan selama sekitar 6 jam.
  • Jika air masih berbau, cara ini bisa diulangi beberapa kali hingga bau hilang.

Batok Kelapa

Batok kelapa mengandung karbon aktif yang efektif mengikat kotoran penyebab bau dalam sumur. Karena itulah, batang arang kelapa yang memang terbuat dari batok kelapa sangat efektif digunakan untuk menghilangkan bau pada sumur. 

Cara menggunakannya pun juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa batang arang kelapa dan bungkus menggunakan kain, lalu masukkan ke dalam sumur. Biarkan arang kelapa tersebut mengilat kotoran dalam sumur sehingga bau pada sumur dapat segera hilang.

Menggunakan Filter

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sumur yang terus keruh dan berbau adalah dengan memasang filter air di bak penampungan air sumur. Filter air dapat membantu menghilangkan zat kimia dan kotoran penyebab bau pada air sumur, sehingga ini bisa menjadi opsi efektif dan efisien untuk mencegah sumur cepat bau.

Memperdalam Sumur

Salah satu penyebab umum, munculnya bau pada sumur adalah air yang terkontaminasi akibat sumur yang terlalu dangkal. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini - salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperdalam sumur. Memperdalam sumur dapat membantu mengurangi risiko terkontaminasinya air sumur dengan zat yang dapat membuatnya bau dan berbahaya. Oleh karena itu, kamu mungkin bisa melakukan cara ini untuk mengatasi masalah sumur bau yang tidak juga usai.

Lapisi Dinding Sumur dengan Beton

Dinding sumur yang bocor, bisa juga menjadi alasan air sumur berubah menjadi keruh dan berbau. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melapisi dinding sumur dengan beton. Beton pada dinding sumur dapat mencegah air kotor masuk ke dalam dan  kemudian mengkontaminasi air sumur.

Bersihkan Sumur Secara Berkala

Cara terakhir dan tidak kalah penting, membersihkan sumur secara berkala juga bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi masalah bau pada sumur. Namun perlu diingat membersihkan sumur harus dilakukan dengan hati-hati, untuk menjaga Keselamatan. Berikut beberapa cara yang perlu dilakukan untuk membersihkan sumur:

  • Matikan pompa air, dan pastikan tidak ada yang menggunakan air dari sumur selama proses pembersihan.
  • Gunakan pompa air atau ember untuk menguras air sumur hingga tersisa sedikit.
  • Gunakan sikat untuk membersihkan dinding dan dasar sumur dari lumut, lumpur dan kotoran.
  • Buang semua kotoran keluar.
  • Isi kembali sumur dengan air bersih.
  • Bisa menambahkan disinfektan atau kaporit ke dalam sumur sesuai dengan instruksi.

Rasakan Perbedaan Luce!

Dengan menggunakan metode diatas, kamu dapat mengatasi masalah bau pada air sumur dan menjaga kualitas air sumur tetap bersih dan aman untuk digunakkan.

Butuh tips lain untuk menjaga kebersihan rumah? Kunjungi website Luce! Luce adalah penyedia layanan jasa bersih rumah yang cocok untuk semua kebutuhan rumah tangga. Tim kami hadir untuk memudahkan masyarakat indonesia memiliki rumah yang bersih tanpa perlu repot!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
8 Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
Mau Rice Cooker Bersih? Ikuti 6 Cara Ampuh Membersihkan Magic Com Bagian Dalam Ini
Home Cleaning
12 Cara Merawat Rumah agar Tetap Bersih dan Nyaman
Home Cleaning
8 Cara Menyapu yang Benar Agar Rumah Jadi Bersih
Home Cleaning
Ikuti 5 Cara Membersihkan Tembok yang Kotor Ini, Dijamin Ampuh!
Scroll to Top