10 Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Tidak seperti ruang tamu, dapur adalah ruangan dirumah yang jarang dilihat atau dikunjungi orang. Namun tetap penting untuk mengetahui cara penataannya agar selalu terlihat rapi dan bersih. Ditambah lagi, dapur yang rapi tentunya akan jadi lebih bersih sehingga dapat lebih higienis saat digunakan memasak.

Sebaliknya, dapur yang kotor akan terasa tidak nyaman saat digunakan, dan bakteri penyebab penyakit mungkin menempel pada peralatan masak. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga agar dapur tetap nyaman. Berikut ini adalah tips yang bisa diikuti!

Selalu Bersihkan Dapur Setelah Digunakan

Agar dapur tetap rapi dan bersih, kebersihan harus dijaga setiap hari. Oleh karena itu cara utama yang perlu dilakukan untuk menjaga kerapian dapur adalah dengan selalu membersihkannya setelah selesai digunakan. Bersihkan meja dapur, kompor, dan peralatan masak dengan lap dan sabun.

Selain itu, penting juga untuk tidak menunda cuci piring setelah digunakan untuk menjaga kebersihan dan kerapihan dapur. Mencuci piring segera juga dapat membantu mencegah penumpukan kotoran, serta menghindari pertumbuhan bakteri dan bau tak sedap.

Lakukan Deep Clean Secara Berkala

Selain membersihkan dapur sehari-hari, lakukan juga deep cleaning secara berkala. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk membersihkan dapur secara menyeluruh adalah:

  • Membersihkan kulkas setiap dua minggu sekali
  • Ganti kain lap setiap minggu
  • Membersihkan rak kabinet, dan kolong dapur dari debu

Untuk hasil yang lebih maksimal gunakan jasa bersih rumah Luce. Tim profesional Luce akan memastikan setiap inci rumah, termasuk dapur bersih dan rapi!

Baca Juga: Ikuti 6 Cara Ampuh Membersihkan Magic Com

Menyortir Barang di Dapur

Untuk menjaga dapur tetap rapi, penting untuk menyortir barang-barang yang perlu ada di dapur dan yang tidak. Buatlah daftar peralatan dapur yang perlu disimpan di dalam atau di luar, dan dimana rak penyimpanan barang tersebut. Cara ini akan membuat dapur terasa lebih terorganisir dan peralatan lebih mudah ditemukan. 

Decluttering

Dapur sering dipenuhi dengan barang yang menumpuk dan jarang digunakan. Untuk menjaga kerapihan dapur, mulailah dengan mengeluarkan peralatan besar yang rusak atau tidak digunakan, seperti oven, blender, rice cooker, atau microwave. Barang-barang tersebut hanya akan memenuhi ruang dapur. Setelah itu, periksa peralatan masak kecil seperti pisau, sendok, dan piring, dan singkirkan juga yang sudah tidak terpakai.

Menentukan Posisi Barang

Meskipun tampak sederhana, menempatkan barang di dapur tidak boleh sembarangan lho. Sebagai contoh, alat-alat yang sering digunakan seperti pisau, penggorengan dan panci sebaiknya diletakkan di dekat kompor agar mudah dijangkau. Sementara itu, peralatan seperti oven atau microwave bisa disimpan di dalam lemari atau rak dapur.

Memanfaatkan Dinding Sebagai Tempat Penyimpanan

Memanfaat dinding dapur yang kosong dengan memasang rak untuk menyimpan peralatan juga bisa menjadi cara alternatif untuk menjaga kerapian dan kebersihan dapur. Rak bisa digunakan untuk menyimpan peralatan makan dan masak agar tidak berhamburan di area dapur.

Menggantung Alat Masak

Tidak hanya memasang rak, dinding kosong juga bisa digunakan untuk menggantung peralatan masak dengan gagang panjang, seperti penggorengan dan sutil. Menggantung Ini tidak hanya memudahkan akses, tetapi bisa juga lho menjadi elemen dekoratif yang menarik. Pastikan alat masak digantung rapi dan mudah dilepas saat dibutuhkan. 

Bonus tip: Susun peralatan dari alat kecil hingga besar agar tampak teratur dan bisa menjadi bagian dekorasi dapur!

Gunakan Lemari Kabinet

Membeli lemari kabinet bisa menjadi solusi untuk menciptakan lebih banyak ruang penyimpanan sekaligus menghemat ruang. 

Apalagi jika memilih lemari kabinet tinggi, ini bisa menjadi solusi untuk menciptakan lebih banyak ruang penyimpanan. Ditambah lagi, lemari yang mencapai langit-langit dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih luas dan rapi secara visual.

Pisahkan Penempatan Alat Makan

Untuk memudahkan pencarian peralatan makan, beli drawer organizer untuk memisahkan sendok, garpu, dan pisau sesuai fungsinya. Ini akan memudahkan saat dirapikan, agar alat makan selalu diletakan di tempat semestinya.

Jangan Biarkan Bahan Makanan atau Peralatan Dapur Berserakan

Terakhir, pastikan tidak ada barang atau makanan yang berserakan di lantai atau meja dapur. Simpan kembali bahan makanan setelah digunakan. Dan selalu letakkan peralatan dapur di tempatnya setelah dicuci.

Menata dapur dengan baik tidak hanya akan meningkatkan estetika rumah, tapi juga meningkatkan kenyamanan, dan memastikan kesehatan setiap orang dirumah. Karena itu, semoga tips ini bisa membantu kamu ya agar bisa menata dapur dengan baik!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
9 Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing yang Menyengat
Home Cleaning
10 Cara Membersihkan Rumah Agar Selalu Bersih dan Rapi
Home Cleaning
9 Cara Membersihkan Kompor Gas yang Kotor dan Berkerak
Home Cleaning
7 Cara Membersihkan Lantai Granit Supaya Bebas Kusam
Home Cleaning
7 Tips Menghilangkan Noda Cat di Lantai, Dijamin Ampuh!
Scroll to Top