Dijamin Ampuh, Ini Cara Membersihkan Wastafel yang Terkena Vixal!

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Wastafel adalah salah satu area di rumah yang rentan kotor. Jika tidak dirawat dengan baik, area ini juga bisa mengeluarkan bau tidak enak. Banyak yang beranggapan bahwa membersihkan wastafel bisa menggunakan pembersih apapun, termasuk Vixal —salah satu  merek pembersih kamar mandi. Padahal, Vixal bukannya bisa membersihkan wastafel namun malah membuat noda hitam muncul.

Cari tau alasan mengapa Vixal tidak bisa digunakan untuk wastafel, dan apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan noda di wastafel akibat Vixal di bawah ini!

Kenapa Vixal Tidak Boleh Digunakan Untuk Membersihkan Wastafel?

Vixal dapat membuat wastafel menghitam, karena kandungan bahan kimia dalam Vixal yang tidak sesuai untuk bahan stainless steel yang umum digunakan untuk wastafel atau bak cuci piring. Vixal memiliki kandungan zat aktif asam klorida (HCL) berkonsentrasi 17%. Jenis ini terkenal sebagai  bahan korosif, terutama untuk stainless steel. Tidak heran jadi jika dalam waktu 30-60 menit setelah membersihkan wastafel dengan vixal, noda hitam bisa muncul di permukaan wastafel.

Metode pembersihan biasa tidak akan cukup untuk menghilangkan noda hitam yang membandel tersebut. Bahkan setelah digosok dengan sabun dan deterjen, noda hitam di wastafel tetap sulit hilang. Yuk, simak beberapa cara ampuh dibawah ini yang dapat mengembalikan warna stainless steel di wastafel yang terkena Vixal!

Bagaimana Cara Membersihkan Wastafel yang Terkena Vixal?

Krim Pembersih Logam (Autosol)

Noda hitam bekas Vixal bisa dihilangkan dengan menggunakan krim pembersih logam seperti Autosol. Untuk menggunakannya pun juga sangat mudah, kamu hanya perlu menuangkan krim Autosol ke atas kain kering bersih, kemudian gosok kain tersebut ke area di wastafel yang telah menghitam. Saat menggosokkan kain ke area ini, kamu mungkin perlu menggosoknya dengan agak kuat agar noda bisa hilang dengan sempurna. Jangan lupa setelah noda hilang, segera bersihkan sisa krim dengan air dan sabun cuci piring seperti biasa.

Tips Icon

Pastikan wastafel dalam keadaan kering saat membersihkan dengan krim Autosol untuk mendapatkan hasil optimal.

Cairan Pembersih Logam (Brasso)

Jika kamu merasa membersihkan wastafel akan lebih mudah dengan pembersih berbahan cairan, Brasson bisa menjadi pilihan optimal. Brasso adakah cairan yang sangat efektif untuk mengatasi noda korosi. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan cairan Brasso pada area yang bermasalah. Gosok area tersebut menggunakan kain kering selama beberapa saat. Kamu bisa terus mengulangi langkah ini hingga noda di wastafel benar-benar bersih.

Gel Pembersih Logam (NS-Stainclean)

Pilihan selanjutnya yang bisa digunakan untuk membersihkan wastafel yang terkena vixal adalah dengan menggunakan gel pembersih logam NS-Stainclean. Meski berbentuk gel, NS-Stainclean ini tidak kalah efektif dengan dua bahan pembersih sebelumnya lho.

Untuk menggunakan NS-Stainclean, pertama-tama kamu harus memastikan permukaan wastafel dalam keadaan kering. Oleskan gel pada area di wastafel yang menghitam dengan menggunakan sikat gigi bekas. Diamkan dan biarkan gel bekerja selama 10-20 menit. Setelah permukaan gel sudah terlihat mulai mengeras, bilas area tersebut dengan air bersih.

Biasanya, noda karat dan korosi dapat segera hilang setelah digosok satu kali dengan NS-Stainclean. Namun, jika ternyata noda tetap membandel, kamu bisa mengulangi pemakaian NS-Stainclean hingga beberapa kali agar wastafel benar-benar bersih.

Baca Juga: Cara Mudah & Ampuh Menghilangkan Karat pada Besi

Ingin Membersihkan Wastafel dengan Aman? Ikut 3 Tips Ini!

Agar tidak lagi salah dalam memilih pembersih untuk wastafel, ikut beberapa pembersih natural yang efektif dan aman digunakan ini!

  • Baking Soda: Pasta baking soda merupakan pilihan yang tepat untuk membersihkan wastafel stainless steel. Baking soda memiliki sifat abrasif yang cukup untuk menghilangkan noda air dan zat berminyak di wastafel. 
  • Air Hangat & Sabun Cuci Piring: Bersihkan wastafel seminggu sekali menggunakan air hangat dan sabun. Air hangat dan sabun cuci piring efektif digunakan sebagai pembersih wastafel, untuk menghindari penumpukan lemak dan kotoran.
  • Minyak Zaitun: Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengangkat noda membandel pada wastafel. Kamu hanya perlu menuangkan sedikit minyak zaitun pada lap kering, lalu gosokkan ke seluruh permukaan wastafel. Biarkan minyak zaitun bekerja selama beberapa saat, kemudian bilas wastafel dengan air hangat.

Itulah beberapa cara membersihkan wastafel yang bisa kamu coba dirumah. Pastikan kamu berhati-hati dalam memilih pembersih untuk wastafel, karena Jika salah memilih, kamu mungkin akan menghadapi noda yang lebih sulit untuk dihilangkan!

Temukan tips lainnya untuk menjaga kebersihan rumah di sini!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
8 Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
Mau Rice Cooker Bersih? Ikuti 6 Cara Ampuh Membersihkan Magic Com Bagian Dalam Ini
Home Cleaning
12 Cara Merawat Rumah agar Tetap Bersih dan Nyaman
Home Cleaning
8 Cara Menyapu yang Benar Agar Rumah Jadi Bersih
Home Cleaning
Ikuti 5 Cara Membersihkan Tembok yang Kotor Ini, Dijamin Ampuh!
Scroll to Top