Mau Rice Cooker Bersih? Ikuti 6 Cara Ampuh Membersihkan Magic Com Bagian Dalam Ini

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Rice cooker adalah peralatan rumah tangga yang umum dimiliki oleh banyak orang. Alat ini dapat mempermudah proses memasak nasi tanpa perlu mengukusnya secara tradisional. Selain itu, rice cooker juga dapat membantu menjaga nasi terus hangat untuk dikonsumsi. Membuat alat ini menjadi sangat praktis untuk kegunaan sehari-hari. Rice cooker dirancang untuk pemakaian jangka panjang, karena itu memastikan rice cooker dirumahmu mendapatkan perawatan yang tepat sangat penting untuk mencegahnya cepat rusak.

Bagaimana Cara Membersihkan Bagian Dalam Rice Cooker?

Memahami cara membersihkan rice cooker atau yang juga sering disebut sebagai magic com penting untuk kesehatan. Ini karena, jika sisa nasi dalam rice cooker tidak dibersihkan dengan baik, maka itu dapat meningkatkan risiko kontaminasi makanan yang dapat membahayakan kesehatan. 

Sebagai contoh, sisa nasi yang menempel dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, yang bisa menyebabkan infeksi pada perut. Tidak hanya itu, bakteri ini juga dapat menyebabkan rice cooker menjadi bau, dan bau tersebut bisa sulit dihilangkan. 

Alat-Alat Yang Dibutuhkan

  • Lap Basah
  • Sabun Cuci Piring
  • Tusuk Gigi
  • Lap Kering
  • Spons
  • Baking Soda (jika dibutuhkan)
  • Cuka Putih (jika dibutuhkan)

Langkah-langkah Membersihkan Rice Cooker

Matikan dan Tunggu Rice Cooker Hingga Dingin

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membersihkan rice cooker adalah dengan mematikan rice cooker dan tunggu hingga benar-benar dingin sebelum memulai pembersihan. Ini penting untuk mencegah bahaya tersetrum serta menghindari kerusakan pada rice cooker.

Bersihkan Bagian Luar

Setelah rice cooker sudah benar-benar dingin, mulai dengan menginspeksi seluruh bagian rice cooker. Lalu bersihkan bagian luar rice cooker. Jika ada karat pada rice cooker, kamu bisa menggunakan pasta baking soda untuk mengatasinya.

Cuci Katup Uap

Bagian paling penting pada rice cooker adalah katup uapnya. Ini adalah bagian yang mengeluarkan uap saat memasak nasi, sehingga seringkali merupakan area yang paling kotor dan berkerak. 

Untuk membersihkan katup uap, pertama-tama pastikan bahwa katup uap dapat dilepas dari rice cooker. Jika tidak bisa, jangan dipaksa karena dapat merusak. Gunakan tusuk gigi untuk membersihkan selaput karet pada katup uap, dan congkel kotoran atau kerak kecil yang ada. Kemudian, cuci katup dibawah air mengalir tanpa sabun. Pastikan katup uap sudah benar-benar kering, sebelum dipasang kembali.

Bongkar dan Bersihkan Bagian Dalam Rice Cooker

Keluarkan panci masak dari dalam magic com dan cuci bagian tersebut dengan air hangat, spons lembut, dan sabun pencuci piring. Pastikan semua bagian panci dibersihkan dengan baik untuk menghilangkan sisa nasi atau kerak yang menempel.

Gunakan Larutan Air dan Cuka Putih Untuk Noda Membandel

Jika ada noda membandel atau bau tidak sedap yang berasal dari bagian panci rice cooker, kamu bisa menghilangkannya dengan larutan air dan cuka putih. 

Untuk membuat larutan ini, cukup campurkan cuka putih dengan air. Kemudian basahi kain bersih dengan larutan ini, dan bersihkan bagian panci rice cooker dengan kain basah tersebut. Biarkan larutan meresap selama kurang lebih 10 menit, sebelum membilasnya kembali dengan air bersih.

Keringkan dengan Baik

Setelah membersihkan seluruh bagian rice cooker, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik sebelum menggunakannya kembali. Kamu bisa menggunakan kain bersih dan kering untuk mengelap bagian dalam rice cooker hingga kering sempurna.

Wujudkan Keluarga Sehat dengan Dapur Bersih!

Menjaga kebersihan alat masak, termasuk rice cooker sangat penting untuk melindungi kesehatan kamu dan keluarga. Dapur yang bersih dapat membantu mencegah penyebaran bakteri dan kuman, yang bisa menyebabkan penyakit atau keracunan makanan.

Untuk menjaga dapur rumah tetap bersih dan higienis, kamu bisa percayakan pada Luce! Luce adalah penyedia jasa bersih rumah yang siap membantu menjaga rumah tetap bersih dan nyaman. Dengan tenaga ahli yang berpengalaman, Luce dapat memastikan setiap sudut dapur bebas dari kotoran dan bakteri! Kunjungi https://www.luce.id/services/jasa-bersih-rumah.

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
8 Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
12 Cara Merawat Rumah agar Tetap Bersih dan Nyaman
Home Cleaning
8 Cara Menyapu yang Benar Agar Rumah Jadi Bersih
Home Cleaning
Ikuti 5 Cara Membersihkan Tembok yang Kotor Ini, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
7 Cara Jitu Membersihkan Lantai yang Lengket dan Kotor
Scroll to Top