9 Cara Membersihkan Kompor Gas yang Kotor dan Berkerak

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Kompor merupakan peralatan penting di rumah karena sering digunakan untuk memasak. Karena digunakan hampir setiap hari, kompor bisa menjadi salah satu benda paling kotor di dapur akibat sering terkena tumpahan bahan makanan, minyak, dan sisa-sisa lainnya. 

Yuk temukan cara ampuh membersihkan kompor gas yang kotor disini, agar kompor tahan lama dan selalu higienis saat digunakan!

Bagaimana Cara Membersihkan Kompor Gas?

Gunakan Lap Microfiber

Selalu sediakan lap microfiber didapurmu. Sehingga setiap kali ada percikan minyak atau bahan makanan lainnya, kamu bisa dengan sigap membersihkannya dengan lap microfiber yang tersedia. Jenis lap ini memiliki daya serap tinggi agar lebih efektif dalam menghilangkan noda. 

Tips Icon

Tips: Untuk membersihkan noda berminyak di kompor, gunakan lap microfiber basah yang diberikan sedikit sabun cuci piring.

Bersihkan Kerak dengan Spon

Jika ada kerak pada tungku kompor yang kelihatannya tidak terlalu tebal, kamu bisa menggunakan spons cuci piring untuk membersihkan. Untuk membersihkan kerak pada kompor dengan spons sangatlah mudah! Kamu hanya perlu melepaskan bagian tungku kompor dan cuci tungku yang sudah dilepas dengan bagian kasar pada spons yang sudah dibasahi. 

Setelah dicuci bersih, keringkan dengan sempur sebelum dipasang kembali bagian tungku ke tempatnya. Kamu juga bisa menggunakan spons untuk membersihkan bagian atas kompor gas.

Gunakan Sikat untuk Kerak Membandel

Untuk membersihkan kerak membandel, gunakan sikat kecil atau sikat gigi bekas. Basahkan sikat berikan sedikit pembersih, kemudian gosokkan perlahan pada tungku kompor yang sudah dilepas, ataupun bagian 

Bersihkan Noda dengan Baking Soda  

Baking soda merupakan salah satu peralatan dapur yang bisa mengembalikan kilau pada kompor gas akan terlihat seperti baru. Caranya mudah, campurkan air dengan dua sendok baking soda, lalu semprotkan campuran tersebut pada bagian kompor gas yang bernoda. Setelah itu, lap kompor gas dengan kain microfiber untuk mendapatkan hasil yang bersih dan berkilau!

Baca Juga: Rekomendasi Bahan Pembersih yang Mudah Ditemukan & Ramah Lingkungan

Membersihkan Kompor Gas dengan Cuka  

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk membersihkan kompor gas adalah cuka. Cuka sangat efektif dalam membersihkan berbagai noda yang sering menempel pada permukaan kompor atau di sela-sela tungku yang sulit dijangkau. 

Campurkan 1 liter air dengan beberapa tetes cuka, lalu masukkan ke dalam botol semprot dan kocok hingga merata. Semprotkan cairan ini pada bagian kompor yang kotor dan diamkan selama 15-30 menit, kemudian sikat. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan, karena cuka dapat menyebabkan iritasi kulit pada orang dengan kulit sensitif.

Gunakan Sabun Cuci Piring Sunlight

Sunlight memiliki bahan dasar yang bisa melunturkan berbagai Jenis kotoran dengan ampuh. Oleh karena itu produk yang mudah ditemukan dimana-mana ini, dapat sangat efektif digunakan untuk membersihkan kompor gas —terutama yang memiliki kerak yang sudah keras dan sulit hilang.

Lepaskan ring dan tungku kompor gas, kemudian rendam dalam air panas yang telah dicampur sunlight. Biarkan selama 2 jam agar kerak yang keras bisa lepas sendirinya. Setelah itu gosok dengan sikat atau spons hingga sisa kerak dan noda benar-benar hilang. Setelah selesai, bilas semua dengan air bersih.

Menghilangkan Bekas Minyak dengan Lemon  

Jika masalah pada kompor adalah bekas minyak yang sulit dibersihkan, kamu bisa menggunakan sabun atau pelarut yang mengandung lemon untuk membersihkannya. Lemon memiliki sifat alami yang mampu melarutkan minyak atau lemak yang menumpuk di kompor. Cara membersihkannya sangat mudah, cukup tuangkan sedikit cairan lemon pada noda minyak, lalu gosok hingga bersih. Bekas minyak akan hilang, dan kompor tidak lagi licin.

Tips Icon

Ingat, percikan minyak dan bahan makanan diatas kompor yang tidak langsung dibersihkan seiring waktu akan menjadi kerak yang sulit dibersihkan!

Close up person preparing lemonade

Kulit Lemon dan Garam  

Kulit lemon yang dicampur dengan garam bisa berfungsi seperti amplas alami karena butiran garam yang kasar dapat membantu mengangkat kerak. Kamu hsnya perlu menyiapkan kulit lemon dan garam, kemudian taburkan garam pada kulit lemon. Gunakan campuran ini untuk menggosok bagian-bagian kompor yang berkerak. Dijamin kerak membandel akan luruh dengan sempurna!

Lemon dan Baking Soda  

Lemon juga bisa dikombinasikan dengan baking soda untuk membersihkan kerak di kompor. Dua bahan ini tidak hanya ampuh digunakan, dan juga pastinya aman karena menggunakan bahan natural. 

Potong lemon menjadi dua bagian dan peras airnya. Tambahkan baking soda pada perasaan lemon, dan gunakan kuas untuk mengoleskan campuran tersebut pada kompor yang berkerak. Diamkan selama 15-30 menit agar kotoran bisa luruh dengan sempurna, sebelum dicuci dengan air bersih. 

Tips Icon

Tips: Untuk hasil yang lebih maksimal, gosok bagian kerak dengan sikat gigi bekas.

Bersihkan Dapur Tanpa Repot!

Ingin dapur bersih tanpa repot? Gunakan jasa bersih rumah untuk melakukan pembersihan menyeluruh pada rumah, termasuk bagian dapur. Seluruh area dapur, termasuk kompor gas yang sulit dibersihkan, akan dibersihkan dengan maksimal hingga bersih seperti baru. Dapatkan dapur yang higienis, bebas kerak, minyak, dan noda membandel dengan mudah!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
9 Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing yang Menyengat
Home Cleaning
10 Cara Membersihkan Rumah Agar Selalu Bersih dan Rapi
Home Cleaning
7 Cara Membersihkan Lantai Granit Supaya Bebas Kusam
Home Cleaning
7 Tips Menghilangkan Noda Cat di Lantai, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
11 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi, Dijamin Ampuh!
Scroll to Top