Keramik Kamar Mandi Kotor? Ini 6 Cara Membersihkannya!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Banyak faktor yang menyebabkan lantai atau keramik terlihat kotor, seperti sisa sabun mandi hingga bekas air yang mengering di lantai. Ditambah lagi, kesibukan sehari-hari sering menghambat keinginan untuk membersihkan kamar mandi. Akibatnya, kotoran menumpuk dan semakin sulit dihilangkan.

Penasaran gimana cara terbaik untuk membersihkan keramik kamar mandi dengan mudah dan efektif? Yuk ikuti beberapa tips membersihkan keramik kamar mandi yang sering jadi andalan tim Luce!

Sabun Cuci Piring dan Soda Kue

Keramik kamar mandi yang sangat kotor tidak bisa dibersihkan dengan sabun cuci biasa. Untuk membersihkan noda membandel ini, diperlukan campuran khusus yaitu soda kue. 

Campurkan sabun cuci piring, soda kue, dan air dalam satu botol, dan aduk hingga semua merata. Setelah semua sudah tercampur, semprotkan pada keramik yang kotor. Jangan lupa untuk selalu mendiamkan campuran ini selama 5-10 menit setelah disemprot, agar kerak meluntur dan mudah dibersihkan saat disikat. Setelahnya, jangan lupa untuk membilas keramik dengan air lagi ya!

Air Lemon

Selain menggunakan campuran sabun cuci piring dan soda kue, air lemon juga bisa menjadi pilihan untuk membersihkan keramik yang kotor. Lemon mengandung asam alami yang efektif untuk menghilangkan kerak dan noda membandel di lantai kamar mandi.

Untuk menggunakan air lemon, kamu hanya perlu mengoleskan atau menyemprotkan air perasan lemon pada area yang berkerak. Biarkan selama 10-15 menit agar asam lemon dapat melarutkan kotoran, lalu gosok dengan sikat untuk menghilangkan semua kerak yang ada.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap, Dijamin Ampuh!

Cairan Cuka

Sudah bukan rahasia lagi bahwa cuka bukan hanya bahan dapur tapi juga bahan alami yang efektif digunakan untuk membersihkan rumah, salah satunya keramik kamar mandi.

Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan cuka pada keramik kamar mandi yang hendak dibersihkan, dan biarkan selama 10 menit. Siram dengan air panas dan kotoran serta kerak akan luruh dengan sendirinya.

Jika keramik pada kamar mandi sudah benar-benar terlihat kotor dan bahkan sampai berubah warna menjadi kuning, kamu juga bisa menggunakan kombinasi cuka dan baking soda untuk membersihkannya ya!

Kaporit

Mungkin kamu lebih sering mendengar kegunaan kaporit sebagai desinfektan air di kolam renang. Namun sebetulnya kaporit juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kerak yang membandel di lantai kamar mandi lho!

Cara menggunakannya sangatlah mudah! Awali dengan menyiram lantai dan dinding keramik dengan air panas, lalu taburkan kaporit di atas kerak dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, gosok keramik dengan sikat, dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Cara Ampuh untuk Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Sitrun & Sunlight

Asam Sitrat dan Detergen

Asam sitrat atau yang sering disebut sitrun, merupakan bahan kimia yang aman digunakan sebagai pembersih rumah. Sitrun juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kerak yang ada pada keramik kamar mandi. Namun, untuk membersihkan kerak lantai kamar mandi dengan sitrun, diperlukan tambahan bahan lain seperti detergen atau sabun cuci piring.

Meski efektif digunakan sebagai pembersih keramik, namun pada dasarnya kandungan asam sitrat tidak sekuat dengan yang ada pada cuka, oleh karena itu mungkin perlu membersihkan lebih dari sekali agar kotoran di keramik kamar mandi betul-betul hilang.

Pertama-tama sikat keramik kamar mandi dengan air sabun untuk menghilangkan kotoran yang tampak dipermukaan keramik. Kemudian bilas keramik hingga sabun bersih. Saat keramik masih basah, taburkan asam sitrat di area yang berkerak dan diamkan selama sekitar 1 jam agar sitrun betul-betul meresap dan kerak di keramik bisa luruh.

Cairan Pembersih Lantai Kamar Mandi

Cara lain membersihkan keramik kamar mandi paling praktis dan efektif tentunya jatuh pada cairan pembersih lantai seperti karbol.

Cairan lantai kamar mandi sudah diformulasikan dengan bahan yang efektif meluruhkan segala jenis kotoran pada keramik kamar mandi. Cara pakainya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menuangkan cairan tersebut pada keramik yang berkerak, kemudian sikat keramik dan bilas dengan air hingga bersih. Praktis kan?

Mau Rumah Bersih Tanpa Repot?

Membersihkan kamar mandi secara rutin adalah kunci utama untuk menjaga keramik tetap bersih dan bebas dari kerak atau kotoran yang menumpuk. Dengan perawatan teratur, noda dan kerak tidak akan sempat mengeras dan menjadi sulit dibersihkan.

Jika kamu tidak punya waktu atau ingin hasil yang lebih maksimal tanpa repot, percayakan pembersihan rumah termasuk kamar mandi kepada Luce! Dengan jasa kebersihan rumah dari Luce, kamu bisa menikmati rumah yang bersih tanpa perlu khawatir mengurus semuanya sendiri!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
9 Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing yang Menyengat
Home Cleaning
10 Cara Membersihkan Rumah Agar Selalu Bersih dan Rapi
Home Cleaning
9 Cara Membersihkan Kompor Gas yang Kotor dan Berkerak
Home Cleaning
7 Cara Membersihkan Lantai Granit Supaya Bebas Kusam
Home Cleaning
7 Tips Menghilangkan Noda Cat di Lantai, Dijamin Ampuh!
Scroll to Top