7 Cara Ampuh Menghilangkan Kerak Membandel pada Wajan

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Wajan yang sering digunakan suatu saat akan menjadi berkerak akibat gosong. Ketika kerak hitam sudah muncul, membersihkan wajan akan jadi lebih sulit. Membiarkannya bukan solusi yang tepat karena berpotensi membahayakan kesehatan. Yuk cari tahu cara ampuh menghilangkan kerak membandel pada wajan tanpa merusak permukaannya!

Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Cara paling mudah untuk menghilangkan kerak hitam pada wajan adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Metode ini pasti aman dan efektif untuk membersihkan kerak pada wajan ataupun panci tanpa merusak permukaannya.

Untuk menghilangkan kerak, kamu hanya perlu merendam wajan dalam campuran air panas dan sabun cuci piring. Tunggu selama 15-20 menit, agar kerak yang menempel bisa perlahan lepas. Setelah selesai direndam, gosok dengan spons cuci piring hingga kerak benar-benar hilang.

Air Panas, Sabun Cuci Piring dan Jeruk Nipis

Jika cara pertama tidak mempan dilakukan, itu mungkin karena kerak sudah lama berada di wajan sehingga telah menempel dengan sangat kuat. 

Untuk membuat larutan air dan sabun cuci piring semakin efektif, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis kedalamnya. Jeruk nipis memiliki kandungan asam tinggi yang dapat meluruhkan segala jenis kerak dengan lebih efektif. 

Cara penggunaannya masih sama. Rendam wajan yang berkerak dengan campuran air, sabun cuci piring, namun jangan lupa tambahkan jeruk nipis. Gosok dengan spons cuci piring, lalu bilas dengan air hangat. Wajan akan kembali berkilau dan terlihat seperti baru!

Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan dapur yang umum dimiliki di rumah, terutama jika kamu suka membuat kue. Tidak hanya bisa digunakan untuk keperluan masak, baking soda juga sangat ampuh untuk membersihkan kerak hitam di wajan.

Untuk menggunakan baking soda, campur baking soda dan air dengan perbandingan 2:1 hingga hasilnya menjadi kental seperti pasta. Campuran harus pas, agar pasta baking soda tidak terlalu cair dan bisa bekerja dengan efektif. Oleskan campuran tersebut pada bagian yang berkerak, dan diamkan selama sekitar 10-15 menit. Setelahnya, kamu hanya perlu menggosoknya dengan spons cuci piring agar kerak luruh seutuhnya.

Baca Juga: Rekomendasi Bahan Pembersih yang Mudah Ditemukan & Ramah Lingkungan

Cuka

Cuka mengandung asam asetat yang efektif untuk menghilangkan kerak hitam pada wajan atau panci. Untuk menggunakannya sangatlah mudah, kamu tidak perlu mencampurkan cuka dengan air sama sekali dan hanya perlu menyiram atau menyemprotkan cuka langsung pada permukaan wajan yang berkerak. Setelah itu, diamkan selama satu jam, lalu cuci wajan seperti biasa dengan menggunakan spons cuci piring.

Saus Tomat

Jangan kaget saat tau bahwa saus tomat juga bisa digunakan sebagai bahan pembersih kerak pada wajan. Karena memang tidak hanya lezat dimakan, saus tomat juga ampuh sebagai bahan pembersih karena memiliki kandungan asam.

Untuk menggunakan saus tomat sebagai penghilang kerak pada wajan, kamu hanya perlu mengoleskan saus tomat ke bagian kerak, diamkan selama 15 menit, lalu cuci bersih dengan sabun cuci piring. Mudah bukan?

Garam dan Minyak

Dua bahan ini sudah pasti mudah ditemukan dimayoritas rumah. Tidak hanya berguna sebagai bahan masak, garam dan minyak juga sangat efektif loh digunakan untuk membersihkan kerak pada wajan. 

Caranya mudah, campurkan garam dengan sedikit minyak hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini pada bagian yang berkerak dan tunggu 5-10 menit. Gosok permukaan wajah secara perlahan dengan spons cuci piring, kemudian bilas dengan air hingga wajan benar-benar berish.

Scrubber Khusus

Cara terakhir yang tidak kalah efektif, adalah dengan membersihkan wajan dengan scrubber khusus untuk wajan anti lengket. Ini adalah cara yang sangat efektif dan aman untuk menjaga kebersihkan dan keawetan wajan. Kamu tidak perlu khawatir saat menggunakan scrubber cuci piring khusus, karena alat ini dirancang khusus untuk membersihkan wajan tanpa merusak lapisan permukaannya. Scrubber khusus tentunya berbeda dengan sikat kawat biasa yang dapat merusak lapisan permukaan wajan jika sering digunakan.

Peralatan memasak yang kotor dapat menjadi sarang bakteri dan kuman, sehingga berpotensi menyebabkan penyakit. Begitu juga jika membiarkan sisa makananan yang menjadi kerak menempel pada wajan. Tanpa disadari, ini bisa mencemari makananmu lho. Jadi jaga kebersihan wajan dengan mengikuti tips di atas ya!

Temukan berbagai tips untuk kebersihan rumah di sini!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
8 Cara Menghilangkan Bau WC yang Menguap, Dijamin Ampuh!
Home Cleaning
Mau Rice Cooker Bersih? Ikuti 6 Cara Ampuh Membersihkan Magic Com Bagian Dalam Ini
Home Cleaning
12 Cara Merawat Rumah agar Tetap Bersih dan Nyaman
Home Cleaning
8 Cara Menyapu yang Benar Agar Rumah Jadi Bersih
Home Cleaning
Ikuti 5 Cara Membersihkan Tembok yang Kotor Ini, Dijamin Ampuh!
Scroll to Top