Apa Itu Deep Cleaning? Penjelasan, Manfaat, dan Cara Melakukannya

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Membersihkan rumah adalah aktivitas rutin yang penting dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat tinggal. Secara umum, ada dua jenis pembersihan yang bisa dilakukan; pembersihan harian (daily cleaning) dan pembersihan mendalam (deep cleaning).

Sesuai dengan namanya, daily cleaning umumnya dilakukan setiap hari dan melibatkan pembersihan ringan seperti menyapu, mengepel, dan membersihkan permukaan perabotan untuk memastikan rumah bersih dan tidak berantakan. Sedangkan deep cleaning adalah jenis pembersihan yang mendalam dan sangat detail. Deep cleaning fokus pada pembersihan menyeluruh yang tidak hanya mencakup permukaan yang terlihat, tetapi juga area-area yang biasanya tidak terjangkau dalam daily cleaning.

Kapan Harus Melakukan Deep Cleaning?

Deep cleaning tidak perlu dilakukan setiap hari seperti daily cleaning. Namun disarankan untuk menjadwalkan deep cleaning untuk rumah setiap 3 hingga 6 bulan sekali. Frekuensinya dapat bervariasi berdasarkan faktor-faktor seperti ukuran rumah, keberadaan hewan peliharaan, dan preferensi pribadi. Namun ada juga keadaan tertentu yang mungkin mengharuskan kamu untuk melakukan deep cleaning, yaitu:

  • Ketika Pindah ke Rumah Baru: Pindah ke rumah baru adalah waktu yang ideal untuk melakukan deep cleaning. Membersihkan rumah secara mendalam sebelum memasukkan perabotan akan memastikan bahwa semua sudut dan celah telah dibersihkan dari debu atau kotoran yang ditinggalkan penghuni sebelumnya.
  • Sebelum Pesta atau Acara: Berencana mengadakan pesta di rumahmu? Maka deep cleaning mungkin diperlukan untuk menciptakan lingkungan rumah yang lebih bersih dan nyaman. Ini akan membuat kamu tidak perlu minder lagi saat ada tamu yang berkunjung!
  • Saat Rumah Sangat Kotor: Ketika kotoran, debu, dan kotoran mulai terlihat menumpuk di berbagai sudut rumah, ini menjadi tanda utama bahwa rumahmu butuh deep cleaning. Biasanya ini terjadi jika rumahmu sudah lama tidak dibersihkan, atau telah mengalami banyak aktivitas yang menghasilkan kotoran seperti pasca renovasi. Melakukan deep cleaning pada saat-saat seperti ini dapat membantu mengembalikan kondisi rumah ke kondisi yang bersih dan sehat!

Apa Manfaat Melakukan Deep Cleaning?

Pembersihan Dilakukan Secara Detail dan Menyeluruh

Deep cleaning melibatkan pembersihan yang sangat detail dan menyeluruh, bahkan ke area yang sering terabaikan dalam pembersihan rutin. Karena pembersihan yang menyeluruh ini, hasilnya seluruh area rumah akan menjadi bersih dan rapi.

Meningkatkan Kenyamanan Ketika Beraktivitas di Dalam Rumah

Seperti yang sudah disebutkan diatas, setelah melakukan deep cleaning, rumah tentunya akan menjadi lebih rapi dan bebas dari debu dan kotoran yang mengganggu. ini tentu akan memuat seluruh penghuni rumah merasa lebih nyaman saat beraktivitas sehari-hari di dalam rumah. Tidak hanya itu, studi juga menyatakan bahwa rumah bersih dapat membantu mengurangi stress lho!

Rumah Terhindar dari Kuman dan Bakteri

Deep cleaning menggunakan teknik pembersihan mendalam dan desinfektan yang efektif untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus. Ini tentunya akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan seluruh penghuni rumah.

Menghilangkan Kotoran di Segala Sudut Rumah

Deep cleaning memastikan bahwa semua sudut rumah, termasuk yang tersembunyi dapat dibersihkan dengan baik. Itulah mengapa deep cleaning dapat membantu menjaga kebersihan dan mencegah adanya penumpukan kotoran yang bisa menjadi sumber masalah kesehatan.

Menghilangkan Sumber Bau dari Dalam Rumah

Berbagai faktor dapat menyebabkan bau tidak sedap di rumah, seperti sampah yang menumpuk, bekas makanan, dan jamur yang tumbuh akibat rumah lembab. Untuk mengatasi bau-bau tidak sedap ini, deep cleaning diperlukan untuk menghilangkan sumber bau tersebut.

Memperbaiki Kualitas Udara di Rumah

Rumah yang tidak dibersihkan secara menyeluruh dapat membuat debu, allergen, dan polutan lainnya menumpuk dan mempengaruhi kualitas udara. Dengan melakukan deep cleaning, partikel-partikel ini bisa dienyahkan dan kualitas udara didalam rumah pun bisa diperbaiki.

Apa Saja yang Perlu Dilakukan Saat Melakukan Deep Clean? 

1. Membersihkan dari Bagian Paling Tinggi 

Membersihkan dari bagian yang paling tinggi terlebih dahulu, saat deep clean merupakan cara terbaik untuk mulai proses pembersihan. Debu dan kotoran dari area tersebut akan jatuh ke bawah, sehingga bisa dibersihkan dengan vacuum atau sapu setelahnya. Kamu bisa memulai pembersihan dengan cara membersihkan langit-langit rumah dengan sapu gagang panjang, dan mengelap permukaan seperti dinding, lemari dan rak buku, dengan lap microfiber dan cairan pembersih serbaguna.

2. Melakukan Declutter

Declutter adalah proses menyingkirkan barang yang mungkin tidak terpakai lagi, sehingga rumahmu bisa menjadi lebih rapi dan terorganisir. Kamu bisa memulai dengan mengumpulkan barang-barang yang tidak lagi diperlukan dan pisahkan barang tersebut dalam tiga kategori (disimpan, didonasikan, dibuang). Gunakan kotak penyimpanan dan labeli kotak sesuai dengan isinya. Setelah proses ini selesai, kamu bisa membuang barang yang rusak ke tempat sampah, dan mendonasikan barang yang masih layak pakai ke pihak yang membutuhkan.

3. Membersihkan Seluruh Isi Kamar

Selanjutnya kamu bisa memulai dengan membereskan kamar-kamar yang ada di rumah. Keluarkan semua barang dari kamar, termasuk perabotan kecil, dekorasi dan barang-barang pribadi. Bersihkan setiap barang dengan kain lap microfiber yang telah dibasahi air sabun. Setelah semua barang bersih, tata kembali barang-barang ke tempatnya. Jangan lupa untuk menyapu, mengepel, dan membersihkan jendela kamar untuk menghilangkan debu dan kotoran dengan sempurna ya.

4. Menyedot Debu

Menggunakan vacuum cleaner adalah salah satu kunci sukses deep cleaning. Vacuum cleaner bisa membuat pembersihan menjadi lebih efektif dan efisien, karena kamu dapat dengan cepat menghilangkan debu dari segala jenis permukaan di rumah. Untuk semakin memudahkan proses pembersihan debu dengan vacuum cleaner, jangan lupa untuk menggunakan nozzle vacuum cleaner yang tepat saat membersihkan area yang sulit dijangkau seperti celah sofa, sudut ruangan, dan di bawah perabotan.

5. Membersihkan Sisi-Sisi Jendela

Sisi-sisi jendela seringkali terlupakan dalam pembersihan rutin. Oleh karena itu, kotoran, debu, dan jejak tangan dapat menumpuk disana. Deep cleaning adalah saat yang paling tepat untuk membersihkan sisi-sisi ini dan mengembalikannya ke kondisi seperti baru. Untuk membersihkan sisi-sisi jendela, kamu bisa menggunakan kain microfiber dan pembersih kaca. Pastikan untuk menyeka dengan lembut agar tidak meninggalkan bekas atau goresan pada kaca.

Baca Juga: Cara Mudah dan Efektif untuk Membersihkan Kaca Jendela

6. Membersihkan Dapur dan Kulkas

Dapur adalah tempat untuk memasak dan menyimpan makanan, sehingga area ini memerlukan perhatian ekstra saat deep clean. Membersihkan dapur meliputi membersihkan peralatan masak, kompor, area memasak, hingga membersihkan lemari dan laci di dapur. Kulkas juga harus dibersihkan dari sisa-sisa makanan yang mungkin menumpuk, dan di desinfeksi secara rutin untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

7. Membersihkan Kamar Mandi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kamar mandi bisa menjadi area paling kotor di rumah. Ini karena kamar mandi sering terpapar kelembaban tinggi dan menjadi tempat dimana kita melakukan aktivitas paling kotor, yaitu buang air. Oleh karena itu, kamar mandi memerlukan deep cleaning rutin agar tetap bersih dan higienis untuk digunakan.

Deep cleaning kamar mandi meliputi pembersihan toilet, wastafel, bak mandi atau shower, serta area lantai. Untuk membersihkan kamar mandi, kamu membutuhkan sabun dan sikat berbulu kasar agar semua kotoran dan kerak pada area kamar mandi bisa dibersihkan dengan maksimal. Menggunakan desinfektan di kamar mandi juga sangat direkomendasikan untuk membunuh kuman dan mencegah penyebaran penyakit.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kamar Mandi dengan Sitrun

Luce: Solusi Rumah Bersih dan Sehat!

Apakah kamu sedang mencari jasa bersih rumah profesional untuk melakukan deep cleaning rumahmu? Jika iya, mungkin kamu bisa mempertimbangkan Luce sebagai mitra bebersih yang kamu pilih. Luce menawarkan berbagai jenis jasa kebersihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Mulai dari general cleaning, weekly cleaning, hingga deep cleaning. Cleaners kami yang profesional dan terlatih, akan memastikan kamu mendapatkan pelayanan yang optimal dan dapat diandalkan!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
Banyak Lalat di Rumah? Ini 10 Cara Ampuh Mengatasinya!
Home Cleaning
Catat, Ini Jadwal Bersih-Bersih Rumah Harian dan Mingguan Agar Selalu Bersih
Home Cleaning
10 Manfaat Membersihkan Rumah dengan Rutin
Home Cleaning
Ini Manfaat Daily Cleaning yang Wajib Kamu Ketahui!
Home Cleaning
5 Jenis Sapu yang Dapat Menunjang Kebersihan Rumah
Scroll to Top