13 Alat Kebersihan yang Wajib Ada di Rumah

4.9
1000+ Reviews
All our happy customers can’t be wrong! Let us take care of your home cleaning need.
Book now
What's in the article?
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.
This is some text inside of a div block.

Rumah yang bersih akan meningkatkan kenyamanan seluruh anggota keluarga dan membantu mencegah penyebaran penyakit dan alergi. Oleh karena itu membersihkan rumah adalah rutinitas harian yang sangat penting untuk dilakukan. Namun, bebersih rumah berkala tentu bisa menjadi tugas yang melelahkan dan menghabiskan banyak waktu. Terlebih jika tidak memiliki alat yang tepat untuk menunjang sesi bebersih! 

Nah supaya tidak bingung apa saja alat yang dibutuhkan, berikut kami sudah merangkum beberapa alat kebersihan yang wajib ada di rumah untuk memastikan pembersihan menjadi lebih efisien dan menyenangkan.

1. Sapu dan Pengki

Sapu dan pengki adalah alat yang paling utama dan sangat diperlukan untuk membersihkan lantai dari debu dan kotoran. Sapu digunakan untuk mengumpulkan kotoran, sementara pengki akan memudahkan pengangkutan kotoran tersebut ke tempat sampah. Dua alat ini adalah alat bebersih paling dasar yang harus banget kamu miliki di rumah.

2. Penyedot Debu (Vacuum Cleaner)

Penyedot debu atau yang lebih dikenal sebagai vacuum cleaner, sangat berguna untuk membersihkan karpet, sofa, dan area lain yang sulit dijangkau dengan sapu. Alat ini dapat menghisap debu dan kotoran dengan lebih efisien dan cepat. Sehingga kamu tidak perlu khawatir bahwa rumah akan dipenuhi debu, dan kamu bisa meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. 

Apalagi jika kamu atau salah satu anggota keluarga ada yang memiliki asma atau alergi, maka memiliki vacuum cleaner adalah suatu keharusan untuk mengurangi risiko munculnya alergi atau penyakit lain yang dapat diakibatkan oleh debu.

3. Alat Pel Lantai

Alat pel lantai digunakan untuk membersihkan lantai dengan cairan pembersih. Pel lantai membantu mengangkat kotoran yang tidak bisa dibersihkan dengan sapu, sehingga lantai lebih bersih dan bebas noda, maupun minyak.

4. Cairan Pembersih & Desinfektan

Cairan pembersih dan desinfektan penting untuk membasmi kuman dan bakteri yang ada di permukaan rumah. Tanpa disadari, permukaan rumah bisa menjadi tempat berkembang biaknya berbagai jenis kuman dan bakteri. 

Kuman ini dapat berasal dari debu, kotoran yang terbawa dari luar, sisa makanan, atau bahkan dari hewan peliharaan. Kelembaban dan kehangatan di dalam rumah juga menjadi faktor pendukung pertumbuhan kuman. 

Oleh karena itu, penting untuk secara teratur membersihkan dan menjaga kebersihan dengan cairan pembersih untuk mencegah penyebaran kuman dan menjaga kesehatan semua penghuni rumah.

alat kebersihan yang wajib ada di rumah

5. Kain Lap Microfiber

Kain lap microfiber memiliki daya serap lebih tinggi dari jenis kain lap lainnya, sehingga lebih efektif untuk mengangkat debu dan kotoran tanpa meninggalkan goresan. Kain ini bisa digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan seperti meja, kaca, dan perangkat elektronik. Oleh karena itu memiliki kain lap berjenis microfiber akan sangat mempermudah kamu saat melakukan sesi pembersihan rumah.

6. Spons

Spons biasanya digunakan untuk mencuci piring dan berbagai peralatan dapur lainnya. Namun tidak hanya itu, spons bisa juga digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan di dalam rumah seperti, kerak dan noda di bak mandi, wastafel, dan dinding kamar mandi. Spons yang lembut juga dapat digunakan bersamaan dengan pembersih kaca untuk menghilangkan noda dan sidik jari di permukaan kaca dan cermin.

Dengan menggunakan spons dengan hati-hati dan memilih jenis spons yang sesuai dengan permukaan yang akan dibersihkan, kamu dapat membersihkan berbagai bagian rumah dengan efektif dan efisien.

7. Kemoceng

Jika kamu tidak memiliki vacuum cleaner, kemoceng mungkin bisa menjadi pengganti alternatifnya. Ini dikarenakan pada dasarnya kegunaan kemoceng adalah untuk membersihkan debu di permukaan yang sulit dijangkau, seperti rak buku, lemari, dan perabotan tinggi. 

8. Sapu Lidi

Sapu lidi juga memiliki banyak kegunaan untuk pembersihan. Bisa digunakan untuk membersihkan kasur, sofa, dan juga sangat efektif untuk membersihkan halaman rumah dari dedaunan dan sampah organik lainnya. 

Namun pastikan bahwa kamu memilih jenis sapu lidi yang cocok untuk kebutuhan ya. Ini dikarenakan sapu lidi memiliki berbagai jenis dan ukuran yang berbeda.

9. Sikat Toilet

Tahukah kalau toilet merupakan tempat paling kotor dan paling sering dikerubungi virus dan bakteri, dirumah? Oleh karena itu memastikan kebersihan toilet rumah sangatlah krusial untuk menjaga kesehatan keluarga.

Untuk memastikan kebersihan toilet, sikat toilet adalah alat penting untuk dimiliki agar toilet selalu higienis. Sikat ini membantu menggosok dan menghilangkan noda serta kotoran yang menempel di permukaan toilet dengan maksimal.

10. Pembersih Kaca

Kaca bisa menjadi salah satu bagian rumah yang dapat meningkatkan keseluruhan dekorasi. Namun jika dibiarkan kotor, kaca malah bisa membuat rumah terkesan kotor, lusuh dan jorok. Oleh karena itu pembersih kaca perlu digunakan untuk menghilangkan noda dan sidik jari di permukaan kaca. Biasanya pembersih kaca dilengkapi dengan cairan khusus dan alat pembersih yang bisa menjangkau sudut-sudut kaca.

11. Tempat Sampah

Memiliki tempat sampah di setiap ruangan dalam rumah, adalah langkah paling efisien untuk membantu menjaga kebersihan rumah dan mengurangi penyebaran bau tak sedap. Oleh karena itu pastikan kamu memiliki beberapa tempat sampah yang disebar di seluruh ruangan rumah, untuk memastikan kebersihan dan kesehatan rumahmu ya! 

12. Ember

Ember adalah alat yang sangat multifungsi dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti mencampur cairan pembersih, merendam pakaian, atau membawa air. Alat ini sangat praktis dan sangat membantu dalam segala proses pembersihan.

13. Sarung Tangan

Sarung tangan mungkin bukanlah alat kebersihan utama, namun meski begitu sarung tangan sangat penting untuk melindungi tangan dari bahan kimia yang terkandung dalam cairan pembersih. Selain itu, sarung tangan juga menjaga tangan tetap bersih saat melakukan pekerjaan yang kotor atau basah.

Mau Rumah Bersih Tanpa Ribet? Pilih Luce!

Inilah beberapa alat kebersihan yang perlu kamu miliki dirumah. Tanpa kehadiran alat bebersih yang tepat, maka akan sulit untuk memastikan kebersihan rumah dapat terjaga dengan baik.

Tidak tertarik untuk membersihkan rumah sendiri? Kamu tidak perlu khawatir! Kamu bisa memesan jasa bersih rumah profesional dari Luce. Kami akan memastikan bahwa rumahmu akan dibersihkan secara maksimal meski kamu tidak memiliki peralatan pembersih yang lengkap. 

Kamu bisa menikmati rumah yang bersih dan nyaman tanpa harus repot dan menghabiskan banyak waktu untuk membersihkannya sendiri!

4.9
1000+ Reviews
Semua pelanggan kami tidak mungkin salah! Percayakan kebutuhan pembersihan rumah Anda kepada kami.
Hubungi Kami
Related articles
Home Cleaning
Banyak Lalat di Rumah? Ini 10 Cara Ampuh Mengatasinya!
Home Cleaning
Catat, Ini Jadwal Bersih-Bersih Rumah Harian dan Mingguan Agar Selalu Bersih
Home Cleaning
10 Manfaat Membersihkan Rumah dengan Rutin
Home Cleaning
Apa Itu Deep Cleaning? Penjelasan, Manfaat, dan Cara Melakukannya
Home Cleaning
Ini Manfaat Daily Cleaning yang Wajib Kamu Ketahui!
Scroll to Top